Mahasiswa Universitas Mercu Buana Belajar Keuangan Negara di Badiklat PKN BPK

19 February 2019 – 09:16

Para mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Jurusan D3 Akuntansi Universitas Mercu Buana mendapatkan pengetahuan tambahan tentang keuangan negara dalam kegiatan studi lapangan ke Badiklat PKN BPK pada Rabu, 30 Januari 2019. Kegiatan kunjungan yang ini didampingi oleh Ketua Program Studi, Rina Yuliastuty. Ia mengungkapkan bahwa dalam mempelajari ilmu akuntansi, kunjungan ke instansi pemerintah merupakan bagian dari penguatan pembelajaran teori di kelas. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan para mahasiswa.

Plh. Kepala Badiklat PKN BPK, Dwi Setiawan Susanto menjelaskan gambaran pengelolaan keuangan Negara di hadapan 60 orang mahasiswa Universitas Mercu Buana. “Saya menyambut baik kehadiran rekan-rekan mahasiswa ke Badiklat PKN BPK yang bertujuan untuk mempelajari keuangan negara. Kehadiran rekan-rekan mahasiswa dapat menjadi duta dalam rangka memperkenalkan BPK sebagai lembaga Pemeriksa Keuangan secara lebih luas.”  Sesuai dengan Undang – Undang Nomor 17 Tahun 2003, keuangan negara adalah semua hak dan kewajiban negara yang dapat dinilai dengan uang, serta segala sesuatu baik berupa uang maupun berupa barang yang dapat dijadikan milik negara berhubung dengan pelaksanaan hak dan kewajiban tersebut.

Dalam sesi diskusi para mahasiswa tampak antusias mengajukan pertanyaan seputar tugas dan fungsi BPK dalam pengelolaan serta pemeriksaan keuangan negara. Plh. Kepala Badiklat PKN sangat mengapreasiasi antusiasme para peserta kunjungan dan berpesan agar mereka menggali banyak informasi penting terkait peningkatan kualitas SDM BPK yang dilakukan oleh Badiklat PKN BPK. Peningkatan kualitas kompetensi SDM merupakan bagian penting dalam peningkatan kinerja BPK saat melakukan tugas – tugas pemeriksaan.

Pada kesempatan ini, para mahasiswa melakukan office tour di area Badiklat PKN BPK. Hal ini dilakukan untuk melihat secara langsung proses pembelajaran, sarana dan prasarana pelatihan yang terdapat di Badiklat PKN BPK. Kegiatan office tour diakhiri dengan pemutaran film Sang Penjaga bersama Kepala Sekretariat Badiklat PKN BPK, Dhiena Novianita di studio pembelajaran. (IA)

 

Foto: DM