Pembukaan Rangkaian Diklat CPNS Golongan III Tahun 2015 di Pusdiklat, Balai Diklat Medan, Balai Diklat Yogyakarta dan Balai Diklat Makassar

“Tanamkan Nilai-nilai Dasar BPK”

ARangkaian Diklat CPNS Golongan III Tahun 2015 secara resmi dibuka oleh Wakil Ketua BPK RI, Sapto Amal Damandari pada Senin, 20 April 2015 di Auditorium Pusdiklat BPK RI Kalibata.Pelaksanaan rangkaian diklat bagi CPNS ini menjadi sangat strategis mengingat CPNS merupakan aset penting BPK dan menentukan kualitas organisasi BPK masa depan. BPK RI bertekad untuk meningkatkan kompetensi CPNS Tahun 2105 melalui serangkaian diklat yang terdiri atas Diklat Orientasi Ke-BPK-an, Diklat Prajabatan, Diklat Pembentukan JFP, Diklat peran ATY, Diklat LKPD dan Diklat Teknologi Informasi.

Wakil Ketua BPK RI menegaskan bahwa rangkaian diklat CPNS ini sangat strategis karena merupakan diklat pertama bagi para CPNS dalam rangka pembentukan pola kerja, budaya, karakter, dan kompetensi, termasuk mengidentifikasi bakat, minat, dan kecenderungan personal setiap CPNS. “Tanamkan nilai-nilai dasar, etika, etiket dan kedisiplinan untuk peningkatan untuk dipraktikkan ke lingkungan unit kerja BPK nantinya,” pesan Wakil Ketua BPK di hadapan para tamu undangan dan para peserta diklat CPNS. Wakil Ketua BPK RI juga berharap agar para peserta diklat dapat mempersiapkan diri dengan baik, secara fisik maupun mental dalam mengikuti seluruh rangkaian diklat yang cukup panjang ini.

Kepala Pusdiklat BPK RI, Dwi Setiawan Susanto menyampaikan bahwa rangkaian diklat CPNS yang salah satunya merupakan Diklat Prajabatan Golongan III, mengikuti pola diklat prajabatan yang baru sesuai Peraturan Kepala LAN (Perkalan) No. 38 Tahun 2014. Untuk mencapai kompetensi CPNS sesuai dengan peraturan tersebut, maka diklat CPNS kali ini terdiri atas dua tahap yakni tahap internalisasi nilai-nilai dasar PNS dan tahap aktualisasi nilai-nilai dasar profesi PNS.

Rangkaian diklat CPNS kali ini berlangsung mulai 20 April hingga 11 Juni 2015 ini diikuti oleh 257 orang yang seluruhnya merupakan lulusan Sarjana Strata 1 (S-1). Pembukaan diklat CPNS Tahun 2015 kali ini dilakukan secara serentak di Pusdiklat BPK Kalibata, Balai Diklat Medan, Balai Diklat Yogyakarta, dan Balai Diklat  Makassar. Kepala Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara BPK RI, Nizam Burhanuddin berkesempatan membuka diklat CPNS di Balai Diklat Medan. Sementara itu, Sekretaris Jenderal BPK RI, Hendar Ristriawan melakukan pembukaan diklat CPNS tahun 2015 di Balai Diklat Yogyakarta didampingi oleh Kepala Perwakilan, Kepala Balai Diklat dan para pejabat struktural di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Balai Diklat Makassar juga menyelenggarakan pembukaan diklat CPNS 2015 oleh Staf Ahli Bidang Keuangan Pemerintah Daerah, Ali Al Basyah dan didampingi oleh Kepala Perwakilan, Kepala Balai Diklat serta para pejabat struktural di BPK Perwakilan Sulawesi Selatan.

Pelaksanaan diklat CPNS Tahun 2015 bekerjasama dengan Rindam Jaya untuk diklat di Pusdiklat Kalibata, TNI Angkatan Udara untuk diklat di Balai Diklat Medan dan Balai Diklat Yogyakarta, serta POLRI untuk diklat di Balai Diklat Makassar. Hal tersebut dilakukan dalam rangka pembinaan kedisiplinan para peserta diklat langsung dari satuan TNI dan POLRI. ****

Pembukaan Diklat CPNS Tahun 2015 di Balai Diklat Medan
 BDM 2_foto by tine  BDM 1_foto by tine
 Pembukaan Diklat CPNS Tahun 2015 di Balai Diklat Yogyakarta
 BDY 1_foto by yudhistira  BDY 2_foto by yudhistira