Badiklat PKN Menyelenggarakan Pelatihan Sistem Informasi Pemeriksaan dan Big Data Analytics untuk eksekutif di Lingkungan AKN VII.

 

Transformasi digital BPK merupakan bagian dari implementasi Renstra BPK 2020-2024. Transformasi digital dilakukan terhadap proses bisnis, baik di lingkup pemeriksaan maupun penunjang dan pendukung melalui pengembangan Enterprise Architecture (EA) BPK. Salah satu bentuk implementasi EA BPK ini diantaranya adalah pengembangan dan pemanfaatan Big Data Analytics (BIDICS) dan integrasi seluruh proses bisnis pemeriksaan laporan keuangan ke dalam satu platform aplikasi, yaitu SiAP. Salah satu tujuan Diklat BDA ini adalah mendapatkan pemahaman tentang fitur-fitur dan penerapan SiAP dalam dukungannya pada kegiatan pemeriksaan di BPK.

Badiklat PKN menggelar kegiatan Pelatihan Sistem Informasi Pemeriksaan dan Big Data Analytics untuk eksekutif yang dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN), Suwarni Dyah Setyaningsih, di Ruang Pola lt.4 Gedung Arsip, Kantor Pusat, Senin (27/3). Kegiatan pelatihan diselenggarakan selama 2 (dua) hari kerja pada 27 s.d. 28 Maret 2023, jumlah peserta sebanyak 20 orang peserta bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Madya, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama, Pejabat Administrator dan Pemeriksa Ahli Utama di Lingkungan AKN VII. Pelatihan yang diselenggarakan secara klasikal ini di fasilitatori oleh Tim Fasilitator terdiri dari Kepala Biro Teknologi Informasi, Pranoto beserta tim.

Dalam sambutannya Tortama Keuangan Negara VII, Novy G.A. Pelenkahu mengucapkan terima kasih kepada Badiklat PKN dan fasilitator yang bersedia memberikan dukungan kepada kami di AKN VII dalam rangka pelatihan Bid Data Analytic (BDA). Tortama AKN VII juga menyampaikan bahwa pelatihan ini dimaksudkan agar pimpinan dapat memberikan arahan dalam penerapan BDA dalam pelaksanaan pemeriksaan.

Setelah mengikuti pelatihan diklat ini, para peserta diharapkan mampu mempraktikan pemanfaatan aplikasi SiAP dan mampu menganalisis data dengan memanfaatkan Dashboard BIDICS dan BIDICS Self Service Analytics (SSA) serta memahami Arsitektur Dasar dan Sistem Informasi Pemeriksaan.