Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan I Tahun 2019: Mengasah Kemampuan Leadership

17 June 2019 – 16:34

Badiklat PKN BPK kembali menyelenggarakan Diklat Kepemimpinan Tingkat III Angkatan I Tahun 2019 yang dimulai pada 17 Juni 2019. Pembukaan diklat dilakukan oleh Kepala Badiklat PKN, Hery Subowo, di Aula Badiklat PKN Kalibata, Jakarta (17/6). Kepala Badiklat PKN menyampaikan pentingnya mengasah kemampuan leadership bagi seluruh peserta Diklat. Ada empat tahapan dalam leadership, atau yang dikenal dengan seni leadership. “Pertama adalah menjadi leader bagi diri sendiri, kedua mampu memimpin anak buah dengan baik, ketiga menjadi leader di antara leader yang lain dan keempat service excellent leadership.”

Dalam sistem menajemen kepegawaian, pejabat struktural eselon III memiliki peran yang menentukan dalam menangani isu-isu nasional strategis. Selain itu, sudah menjadi tugas pejabat struktural eselon III untuk meningkatkan kinerja sektor atau wilayah yang dipimpinnya melalui penetapan visi yang tepat. Peningkatan kompetensi ASN melalui pelaksanaan diklat diharapkan dapat membentuk para pemimpin perubahan dalam rangka mendukung reformasi birokrasi guna mewujudkan good and clean governance.

Pelaksanaan Diklatpim Tingkat III diperlukan untuk membentuk sosok pejabat struktural eselon III yang berkompeten dan visioner. Berdasarkan Peraturan Kepala LAN Nomor 19 Tahun 2015 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat III, peserta dituntut untuk menunjukkan kinerjanya dalam merancang suatu proyek perubahan. Kemampuan memimpin perubahan inilah yang kemudian menjadi tolok ukur dalam menentukan keberhasilan peserta dalam penyelenggaraan diklat. Melalui diklat ini, diharapkan dapat menghasilkan alumni yang tidak hanya memiliki kompetensi, tetapi juga mampu menunjukkan kinerjanya dalam memimpin perubahan.

Diklatpim Tingkat III Tahun 2019 akan dilaksanakan sebanyak 857 JP selama sekitar 88 hari, yaitu 17 Juni 2019 s.d. 27 September 2019. Diklat diikuti oleh 34 orang dengan rincian dari internal BPK sebanyak 16 orang, Kementerian PPN/Bappenas sebanyak 10 orang, Sekretariat Kabinet sebanyak 4 orang dan Komisi Pemilihan Umum sebanyak 4 orang. Tahapan pembelajaran yang diberikan di Diklatpim Tingkat III adalah tahap diagnosa kebutuhan perubahan, tahap membangun komitmen bersama, tahap merancang perubahan dan membangun tim, tahap laboratorium kepemimpinan dan tahap evaluasi.

Acara pembukaan Diklatpim Tingkat III ini, Kepala Badiklat PKN didampingi oleh jajaran Manajemen Badiklat PKN, para Widyaiswara, Mentor, Pembina Siswa dan beberapa tamu undangan diantaranya Kepala Biro SDM dan Ortala Sekretariat Kabinet, Ratih Mayangsari, Kepala Biro SDM KPU, Lucky Firnandy Majanto, dan Kepala Bagian Pengelolaan SDM Bappenas, Imam Gunawan. Didampingi oleh Kepala Bidang Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN, Rio Tirta, Kepala Badiklat PKN menyematkan tanda peserta secara simbolis sebagai tanda dimulainya diklat. (EN)

 

Foto: Diaz, Wuri