Kick of Meeting Fraud Control System di Pusdiklat

Dalam rangka pengembangan Fraud Control System (FCS) di BPK, Bapak Cris Kuntadi, selaku Ketua Tim Penguatan Integritas dan Akuntabilitas BPK mengundang para narasumber dari internal maupun eksternal BPK untuk melakukan kick of meeting pada Senin, 30 Mei 2011.
Acara yang dilaksanakan di Pusdiklat BPK ini, dibuka secara langsung oleh Bapak DR. Mahendro Sumardjo, MM, selaku Inspektorat Utama BPK. Beliau menyambut baik atas dilaksanakannya pengembangan FCS di BPK, serta mengapresiasi Pusdiklat sebagai satuan kerja yang pertama melaksanakan FCS ini. “Setelah Pusdiklat, Inspektorat juga akan melaksanakan FCS kemudian akan diterapkan pada satuan kerja lainnya di BPK” ucap beliau.
Pengembangan FCS di BPK terlaksana atas kerjasama BPK dengan USAID yang diwakili Bapak Khairiansyah Salman. Hadir juga dalam acara ini, Mr. Juhani Grossmann selaku Direktur MSI, sebagai konsultan yang akan memfasilitasi pengembangan FCS di BPK. FCS adalah sebuah system yang dapat mendeteksi seuatu kecuarangan dalam sebuah organisasi. Dalam perspektip sistem; suatu organisasi tidak akan dapat menghilangkan kecurangan, namun organisasi tersebut harus dapat mengendalikannya.
Semoga FCS yang akan diterapkan di Pusdiklat dapat menjadi pilot project pengembangan FCS di BPK!