Semarak Ramadhan 1432 H, Buka Puasa Bersama Pusdiklat

Dalam rangka mengisi Bulan Ramadhan 1432 H, Pengurus Bintal Islam Pusdiklat BPK mengadakan acara iftor jama’i (buka puasa bersama) pada Selasa, 9 Agustus 2011. Acara yang diselenggarakan di Auditorium Pusdiklat BPK ini, diikuti oleh seluruh pegawai Pusdiklat BPK RI beserta para peserta diklat yang sedang berlangsung di Pusdiklat, antara lain; peserta Diklat Kepemimpinan Tk.IV dan CPNS 2011.

Plt. Kepala Pusdiklat, Bapak Cris Kuntadi, selaku Pembina Bintal Pusdiklat BPK dalam sambutannya menyampaikan bahwa pentingnya mengaplikasikan nilai-nilai agama dalam pekerjaan agar hasil yang dicapai dapat maksimal, seperti nilai kedisiplinan, kebersihan dan keteladanan. Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan rasa syukur atas terakreditasinya Pusdiklat BPK oleh Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sebagai penyelenggara Diklat Pengadaan Barang dan Jasa yang mendapatkan predikat A.

Ada hal yang menarik dalam penyelenggaraan Iftor Jama’i di Pusdiklat kali ini, yaitu berkumpulnya para pejabat Balai Medan, Makassar, dan Yogyakarta yang secara kebetulan sedang melaksanakan rapat koordinasi pelaksanaan diklat semester II dan evaluasi pelaksanaan diklat semester I pada tahun 2011 di Pusdiklat BPK. Silaturahim di antara pegawai Pusdiklat BPK pun semakin semarak ketika beberapa pegawai Pusdiklat mengajak anggota keluarganya hadir dalam acara ini.

Sebelum adzan magrib berkumandang, hadirin diajak mendengarkan kultum yang disampaikan oleh Ustadz Ahmad Suja’I, MA. Tema yang diangkat pada tausiyah kali ini adalah kiat-kiat mengoptimalkan puasa ramadhan agar meraih ketaqwaan. Salah satu nasehat yang disampaikan adalah pentingnya mengopimalkan puasa ramadhan dengan amalan-amalan yang dicontohkan Rasulullah SAW, di antaranya tilawah al Qur’an, memperbanyak sedekah, dan melaksanakan itikaf pada 10 hari terakhir.

Acara Iftor jama’i ditutup dengan doa, selanjutnya hadirin dipersilahkan menyiapkan ta’jil puasa yang telah tersedia. Adzan magrib berkumandang menabuh kegembiraan hadirin yang berpuasa pada hari ke-9 ramadhan itu. Seusai menyantap ta’jil, hadirin melaksanakan sholat magrib berjamaah di Masjid Baitul I’lmi, Pusdiklat BPK RI.

Selain Iftor Jama’i, agenda ramdahan yang diselenggarakan di Pusdiklat BPK juga mengadakan kajian ba’da dzuhur setiap senin s.d kamis yang dilaksanakan di Masjid Baitul I’lmi.