Pembukaan Diklat Peran Ketua Tim Senior (KTS) Angk.I Th 2012

Pada hari Senin, 16 Januari 2012, pukul 08.00, Kepala Pusdiklat BPK RI, Cris Kuntadi, membuka Diklat Peran Ketua Tim Senior (KTS) Angkatan I Tahun Anggaran 2012, di Pusdiklat BPK RI, Jakarta. Acara pembukaan Diklat dihadiri oleh Kepala Biro SDM, Widodo Prasetyo Hadi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Pusdiklat menyampaikan bahwa Jabatan Fungsional Pemeriksa (JFP) merupakan jabatan yang istimewa. KTS, sebagai salah satu peran dalam JFP, mempunyai peran penting karena merupakan ujung tombak keberhasilan pemeriksaan BPK, yaitu dengan memimpin pelaksanaan pemeriksaan dengan kompleksitas tinggi. Untuk dapat melaksanakan tanggung jawabnya, KTS perlu memiliki kompetensi yang memadai sesuai dengan standar kompetensi yang telah ditetapkan. Diklat Peran KTS menjadi penting, karena selain untuk mengembangkan kompetensi dimaksud, kelulusan dari Diklat Peran ini juga merupakan prasyarat yang harus dimiliki oleh Pemeriksa untuk dapat mengikuti proses sertifikasi yang akan dilaksanakan oleh Biro SDM.

Sementara itu, Kepala Biro SDM, menyampaikan bahwa untuk menjadikan JFP sebagai pilihan karir utama,  penerapan JFP di BPK disertai juga dengan pengusulan perpanjangan batas usia pensiun. Oleh karena itu, peserta diklat didorong untuk terus mengembangkan kompetensinya sehingga dapat mencapai peran tinggi agar memiliki batas usia pensiun yang lebih panjang.

Diklat Peran KTS Angkatan I Tahun 2012 akan berlangsung selama 15 hari mulai tanggal 16 Januari 2012 hingga tanggal 3 Februari 2012 dan diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari Kantor Pusat dan Kantor Perwakilan BPK. Selama pelaksanaan diklat, seluruh peserta di-asrama-kan di Wisma Pusdiklat BPK RI.