Pimpin delegasi ke Kamboja untuk lanjutkan kerjasama antara BPK dan NAA

Sebagai bentuk kelanjutan kerja sama bilateral antara BPK dengan National Audit Authority (NAA) Kamboja, Kepala Pusdiklat, Cris Kuntadi memimpin delegasi Scooping Mission ke Kamboja yang beranggotakan Kepala Bagian Kerja Sama Luar Negeri, R.Yudi Ramdan, Kepala Subdirektorat Litbang,  Ria Anugriani, dan Staf pad Biro Humas, Budi Yanto  pada 19 s.d 21 Maret 2012.

Rombongan delegasi BPK ke Kamboja mempunyai dua misi kerja sama, yaitu pada bidang pengembangan Pusdiklat dan pemeriksaan kinerja. Dalam pertemuan diskusi scooping mission yang berlangsung di kantor pusat NAA di Phnom Penh, Kamboja, dihadiri oleh pejabat teknis NAA Kamboja antara lain; H.E Atichbora Long, Deputy Secretary General. Dr. Prom Vichethesophorn, Director Departement Audit I. Mr. Chhem Socheat, Director Departement Audit II. Dr. Kheo Chea, Dirctor Departement Audit III, Mr Chea Shophat, Deputy Technical, serta para Auditor terkait.

Diskusi diawali dengan presentasi mengenai Tugas dan Fungsi serta Pelaksanaan Audit yang dilaksanakan di NAA yang dibawakan oleh Mr. Chea Shophat, yang dilanjutkan dengan pertukaran informasi dan pengalaman, termasuk mengenai hambatan dan tantangan yang dihadapi kedua SAI di masing-masing negara.

Selanjutnya delegasi NAA juga menjelaskan mengenai impementasi kerja sama yang telah dilakukan dengan BPK yaitu workshop selama tiga hari mengenai financial audit, performance auidit dan compliance audit serta IT audit. Hasil dari workshop tersebut sangat bermanfaat ketika diimplementasikan di masing-masing unit kerjanya. Atas implementasi kerja sama tersebut, ucapan terima kasih disampaikan oleh Mrs. Kim Suor, Auditor General NAA, ia juga menambahkan “NAA masih perlu banyak belajar dari BPK, dan mungkin perlu dikembangkan kerja sama dalam area lainnya seperti international relations”.

Kemudian pertemuan diskusi dilanjutkan dengan pemaparan dari delegasi BPK, yang terdiri atas tiga presentasi yaitu;

  1. Presentasi implementasi kerja sama BPK dan NAA yang disampaikan oleh R. Yudi Ramdhan selaku fasilitator kerja sama bilateral antara BPK dengan NAA;
  2. Presentasi audit kinerja secara umum di BPK yang disampaikan oleh Ria Anugriani selaku Kasub Direktorat Litbang;
  3. Presentasi mengenai program dan manajemen kediklatan secara umum di BPK yang disampaikan oleh Cris Kuntadi, selaku Kepala Pusdiklat BPK RI

Sebagai bentuk tindaklanjut dari kerja sama antara BPK dengan NAA, dalam rangkaian pertemuan tersebut dilakukan penandatanganan minutes of meeting sebagai hasil kesepakatan kedua belah pihak. Dari pihak BPK penandatangan minutes of meeting diwakili oleh Kepala Pusdiklat BPK RI, Cris Kuntadi, sedangkan dari pihak NAA diwakili oleh Deputy Secretary General, NAA, Mr. Atichbora Long.