Anggota IV BPK Panen Lengkeng Diamond di Pusdiklat

“Siapa yang menanam, maka dia yang akan menuai.”  Mungkin kalimat itu bisa menggambarkan suasana sore hari di Pusdiklat BPK pada Senin, 16 April 2012. Anggota IV BPK, Ali Masykur Musa yang menanam pohon lengkeng diamond pada acara Green Initiatif di Pusdiklat BPK pada  November 2010 sudah dapat memanen buahnya.

Dengan segenap suka cita, Ali Masykur Musa yang ditemani Kepala Pusdiklat, Cris Kuntadi dan Pejabat Pusdiklat lainya memetik buah yang berasal dari daerah subtropik daratan China itu. Dengan mengucapkan bismillahirohmanirohimi dan ucapan sholawat, tangkai buah lengkeng terlepas dari pohon yang ditanam tepat di Auditorium Pusdiklat.  Beliau mengatakan “Semoga tahun depan bisa lebih lebat dan lebih banyak hasil buahnya”. Beliau juga mendoakan semoga berbuahnya lengkeng diamond yang ditanamnya membawa berkah bagi Pusdiklat BPK RI.

Selanjutnya pemetikan buah yang bernama latin Dimocarpus longan Lour itu dilanjutkan secara berurutan oleh Kepala Kapusdiklat, Cris Kuntadi, Kepala Bagian Sekretariat, Ida Sundari, dan Kepala Bagian Pelaksanaan, Siti Rusiyah. Cris, yang dikenal suka menanam pohon berbagi tips dalam memanen, “Jika sudah dipetik satu tangkai, maka seluruhnya harus dipetik agar panen berikutnya berbuah dengan lebat” ucapnya sambil memangkas seluruh tangkai pohon yang berisi buah.

Dalam kesempatan itu, Ali Masykur juga bertemu dengan Ukat, petugas yang selama ini merawat tanaman yang ada di Pusdiklat BPK. Ketika ditanya Ali tentang kapan saja pohon lengkeng yang ditanamnya diberi pupuk, Ukat menjawab “Setiap hari kamis selalu diberi pupuk”. Spontan Kabag Pelaksanaan, Siti Rusiyah menyela, “Saat Bapak puasa sunah, pohonnya selalu dipupuk”, “Alhamdulillah..” ucap Ali menimpali. Seusai mengucapkan terima kasih pada Ukat, Ali juga berkenan foto dengan Ukat yang ditemani Manajemen Pusdiklat.

Panen buah di Pusdiklat bukan hanya baru kali ini, Ketua BPK, Hadi Purnomo ketika menghadiri peretemuan alumni APP pada pertengahan 2011 di Pusdiklat berkesempatan memanen rambutan binjai yang ditanamnya.  Semoga pepohonan yang tumbuh di Pusdiklat bukan hanya memberi kesejukan tapi juga manfaat bagi Pusdiklat BPK.