Diklat Kepemimpinan Tk.III – th 2013

IMG_0335

Pegawai Negeri Sipil sebagai unsur utama Sumber Daya Manusia (SDM) Aparatur Negara mempunyai peranan yang menentukan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah sekaligus mempunyai sikap dan perilaku yang penuh dengan kesetiaan dan ketaatan kepada Negara, bermoral, bermental baik, professional, sadar akan tanggung jawab sebagai pelayan publik. Untuk membentuk kader PNS tersebut, perlu dilakukan pembinaan melalui jalur pendidikan dan pelatihan yang mengarah kepada upaya peningkatan:

  1. Sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada kepentingan masyarakat, bangsa, negara, dan tanah air;
  2. Kompetensi teknis, manajerial, dan atau kepemimpinannya;
  3. Efisiensi, efektivitas, dan kualitas pelaksanaan tugas yang dilakukan dengan semangat kerja sama dan tanggung jawab sesuai dengan lingkungan kerja dan organisasinya.

Salah satu jenis diklat yang diperlukan dalam pembentukan kompetensi PNS untuk jabatan struktural eselon III adalah Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat III.

Tujuan Diklat Kepemimpinan Tk.III sebagaimana ditetapkan dalam PP Nomor 101 Tahun 2000 adalah:

1. Meningkatkan pengetahuan, keahlian, ketrampilan, dan sikap untuk melaksanakan tugas jabatan struktural eselon III secara profesional dengan dilandasi kepribadian dan etika Pegawai Negeri Sipil sesuai dengan kebutuhan instansi;
2. Menciptakan aparatur yang mampu berperan sebagai pembaharu dan perekat persatuan dan kesatuan bangsa;
3. Memantapkan sikap dan semangat pengabdian yang berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat;
4. Menciptakan kesamaan visi dan dinamika pola pikir dalam melaksanakan tugas pemerintahan umum dan pembangunan demi terwujudnya pemerintahan yang baik.
Semua tujuan tersebut dilakukan agar peserta Diklatpim Tingkat III memiliki kompetensi yang sesuai dengan persyaratan jabatan struktural eselon III.

Demikian sekilas sambutan dari Sekretaris Jenderal BPK dalam pembukaan diklat Kepemimpinan Tk. III th 2013 di R. Kelas 2 Pusdiklat BPK.

IMG_0346