Diklat Peran Pengendali Mutu Angkatan III Tahun 2013

Berita Ujian PM

Seminar makalah akhir selama dua hari pada 1 dan 2 Juli 2013 mengakhiri rangkaian pelaksanaan Diklat Peran Pengendali Mutu Angkatan III Tahun 2013. Diklat yang dibuka pada Senin, 17 Juni 2013 oleh Sekretaris Jenderal BPK RI, diikuti oleh 19 peserta yang terdiri dari kepala auditorat, kepala perwakilan, dan pejabat fungsional pemeriksa. Diklat ini bertujuan untuk membentuk kompetensi pemeriksa untuk dapat berperan sebagai pengendali mutu dalam melaksanakan fungsi pemastian kualitas (quality control) pemeriksaan yang efektif dan sesuai standar.

Pelaksanaan diklat dibagi dalam 2 tahap yaitu pembelajaran di kelas pada 17 s.d 21 Juni 2013 dan seminar makalah akhir pada 1 dan 2 Juli 2013. Selama pelaksanaan diklat, peserta diberikan materi tentang etika pemeriksa, leadership communication, Strategi Pembangunan dan Kebijakan Publik (SPKP), Filosofi Audit, Manajemen Pemeriksaan serta Seminar Pemeriksaan Keuangan Negara. Narasumber/fasilitator diklat terdiri dari pejabat internal BPK, akademisi dan praktisi/profesional di bidangnya, yaitu Hendar Ristriawan, S.H., M,H. (Sekretaris Jenderal BPK RI), Dr. Mahendro Sumardjo, MM (Inspektur Itama BPK RI), Prof Zaki Baridwan, Prof. Mudrajad Kunconro, M. Jusuf Wibisana, Ito Warsito MBA. Sedangkan tim penguji makalah akhir adalah Prof Zaki Baridwan, Dr. Daeng M Nazier, dan Dr. Hilda Rosieta.

Selain diberikan ujian tertulis, peserta juga diberikan uji kompetensi berbasis komputer  pemahaman atas Standar Pemeriksaan Keuangan Negara. Dalam penutupan sekaligus pengumuman hasil diklat di akhir pelaksanaan seminar makalah akhir, disampaikan bahwa:

– Nilai tertinggi untuk mata diklat SPKP adalah Arif Agus, S.E., M.M., Ak., CPA. (Kepala Auditorat VII.B) dan Rudi Nurprianto, S.E., M.M., Ak.

– Nilai tertinggi untuk mata diklat Filosofi Audit adalah Dewi Chairani, S.E., M.M., Ak. (Kepala AuditoratVII.A)

– Nilai tertinggi dalam uji kompetensi SPKN adalah Harry Purwaka, S.E., MSF., Ak. (Kepala Auditorat II.C) dengan skor 90 dalam waktu 30 menit 50 detik.

Sedangkan untuk makalah akhir, nilai tertinggi pada hari pertama diraih oleh I Nyoman Wara, S.E., Ak. (Kepala Perwakilan BPK Provinsi Banten) dan Didi Budi Satrio, S.H., M.M. (Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Tenggara). Nilai tertinggi pada hari kedua diraih oleh Novy Gregory Antonius Pelenkahu, MBA., Ak. (Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sumatera Selatan).