Diklat Peran Pengendali Teknis Angkatan IX Tahun 2014

Web PT IX

Diklat Peran Pengendali Teknis Angkatan IX bertujuan untuk membentuk kompetensi pemeriksa untuk dapat berperan sebagai Pengendali Teknis dalam melaksanakan fungsi pengendalian kualitas (quality control) pemeriksaan yang efektif dan sesuai standard. Pelaksanaan diklat berlangsung selama 4 minggu dari tanggal 21 Januari s.d 14 Februari 2014. Sehubungan dengan terjadinya banjir yang menyebabkan wisma Pusdiklat tidak dapat difungsikan sebagaimana mestinya, diklat yang semula direncanakan akan diselenggarakan di Pusdiklat, untuk sementara dialihkan ke Fave Hotel Cililitan Jakarta Timur. Setelah kondisi memungkinkan, diklat dialihkan kembali ke Pusdiklat BPK, Kalibata mulai 10 Februari 2014.

Diklat dibuka secara resmi oleh Kepala Pusdiklat Bapak Cris Kuntadi dan didampingi oleh Kepala Bagian Pelaksanaan Ibu Siti Rusiyah dan Kepala Sub Bagian Diklat Fungsional Ibu Dian Rosdiani.

Kurikulum Diklat Pengendali Teknis terdiri dari  7 mata diklat. Dari ketujuh mata diklat tersebut tidak semuanya dilaksanakan ujian kognitif, peserta harus menempuh 3 ujian kognitif  yaitu mata diklat Analisis Pemecahan Masalah 2, Manajemen Pemeriksaan dan Perumusan Opini dan Simpulan Pemeriksaan. Pada diklat peran ini juga dilaksanakan tes kompetensi pemahaman Standar Pemeriksaan Keuangan Negara secara computer-based.

Pengajar Diklat merupakan Widyaiswara dan Pejabat dari beberapa instansi, yaitu:

  • Badan Pemeriksa Keuangan;
  • Universitas Tarumanegara;
  • Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).

Peserta diklat PT Angkatan IX yang dipanggil terdiri dari 125 peserta, namun yang datang memenuhi panggilan hanya 30 peserta. Peserta diklat yang berasal dari  satker di kantor pusat ada  9 orang, sedangkan yang berasal dari kantor perwakilan adalah 21 orang. Dalam pelaksanaannya terdapat satu orang peserta yang tidak dapat melanjutkan proses diklat  karena alasan kesehatan yaitu Ibu Yuliana Wahyu Eko Hardani dari unit kerja Perwakilan Provinsi Jawa Timur, sehingga dinyatakan gugur. Disamping itu, Pusdiklat juga telah memanggil 3 peserta mengulang untuk mata diklat APM 2  serta 3 peserta mengulang untuk mata diklat Komunikasi Pemeriksaan 4. Namun demikian yang datang memenuhi panggilan mengulang hanya satu orang untuk mata diklat APM 2 dan 3 orang uuntuk mata diklat Komunikasi Pemeriksaan 4.

Selama pelaksanaan diklat Peran Pengendali Teknis Angkatan IX, peserta mampu mematuhi tata tertib yang ada. Dari sisi panitia, tim berusaha melaksanakan tugas administrasi dan layanan diklat secara optimal. Untuk membantu peseta dalam meningkatkan kedisiplinan dan mematuhi tata tertib selama diklat, panitia dibantu pembina dari Rindam Jaya.

Diklat ditutup pada tanggal 14 Februari 2014 pukul 17.00 WIB oleh Kepala Pusdiklat BPK RI Bapak Cris Kuntadi dan didampingi oleh Kepala Bagian Pelaksanaan BPK RI Ibu Siti Rusiyah dan Kepala Bagian Evaluasi Bapak Dwi Setiawan. Pada penutupan diklat tersebut disampaikan penghargaan bagi peserta berprestasi, yaitu sebagai berikut:

Peringkat Nama Nilai Predikat

1

Dedi Suprianto 84.79 Baik Sekali

2

Hendra Susanto 84.15 Baik Sekali

3

Marius Sirumapea 83.77 Baik Sekali

Penghargaan juga disampaikan kepada peserta a.n. Fonel Intania Permata yang meraih nilai tertinggi pada tes pemahaman SPKN, dengan score 88 dan ditempuh dalam waktu 59 min 54 detik.

Seluruh peserta, dikembalikan ke unit kerja masing-masing pada Selasa, 18 Februari 2014.