PENUTUPAN RANGKAIAN DIKLAT CPNS TAHUN 2014 (AKUNTANSI)

DSC_0602

Jumat, 18 Juli 2014,  pukul 14.30 WIB, Sekretaris Jenderal, Bapak Hendar Ristriawan, menutup rangkaian Diklat Jabatan Fungsinal Pemeriksa, Diklat Anggota Tim Yunior dan Diklat Pemeriksaan laporan Keuangan Pemerintah  untuk peserta dengan latar belakang pendidikan akuntansi, di Pusdiklat BPK RI, Jakarta. Rangkaian diklat tersebut diikuti oleh 87 peserta yang terdiri dari 79 CPNS dan 8 orang PNS BPK yang direkrut untuk mengisi formasi Jabatan Fungsional Pemeriksa. Acara penutupan dihadiri pula oleh Kepala Biro SDM (Bapak Haedar), mantan Kepala Pusdiklat yang pada 14 Juli 2014 lalu baru saja dilantik sebagai Kepala Perwakilan BPK Jawa Tengah (Bapak Cris Kuntadi),  Kepala Pusdiklat beserta jajaran Manajemen Pusdiklat dan Widyaiswara.

Kepala Pusdiklat, Bapak Dwi Setiawan, dalam laporannya menyampaikan bahwa rangkaian diklat ini merupakan bagian dari rangkaian diklat bagi CPNS Golongan III Tahun 2014 yang diawali dengan Diklat Prajabatan mulai 17 Maret 2014 s.d 11 April 2014 lalu. Sehubungan dengan adanya kurikulum yang berbeda untuk diklat pembentukan pemeriksa, maka pada rangkaian diklat bagi calon pemangku Jabatan Fungsional Pemeriksa ini peserta terbagi 2 sesuai latar belakang pendidikannya,. Untuk peserta dengan latar belakang akuntasi, rangkaian diklat dilanjutkan di Pusdiklat, Kalibata, sedangkan untuk peserta dengan latar belakang pendidikan non akuntansi, diklat diselenggarakan di Balai Diklat Medan. Diklat JFP,  ATY dan Pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah yang diselenggarakan di Pusdiklat, Kalibata ini terdiri dari 3 angkatan, yaitu Angkatan VIII, IX dan X. Selama melaksanakan diklat seluruh peserta diwajibkan untuk menginap di wisma Pusdiklat dan mendapatkan pembinaan kedisiplinan dari para pembina dari Batalyon 6 Brigadir Infantri 02 Marinir..

DSC_0670

Dalam sambutannya, sebelum menutup rangkaian diklat secara resmi, Sekretaris Jenderal BPK mengingatkan kepada seluruh peserta bahwa berakhirnya rangkaian diklat sesungguhnya bukan merupakan akhir tapi merupakan awal perjalanan karir para peserta di BPK. Diklat tidak hanya bertujuan untuk mengembangkan kompetensi tapi juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi yang dapat mengembangkan nilai disiplin, kebersamaan, dan keterbukaan yang merupakan nilai penting dalam menentukan keberhasilan meniti karir di BPK. Mengutip buku The Celestial Management, ada tiga hal yang harus ditata agar dapat menjadi orang yang sukses, yaitu sukses menata hubungan dengan Tuhan-Nya, melalui ZIKR (Zero base, Iman, Konsisten, dan Result Oriented), sukses menata hubungan dengan sesama melalui kekuatan sharing dalam PIKR (Power, Information, Knowledge dan Reward) serta sukses dalam menata pribadinya sendiri, melalui MIKR (Militan, Intelek, Kompetitif dan Regereratif).

Pada acara penutupan diklat tersebut, Sekretaris Jenderal memberikan penghargaan kepada Ketua Senat, Erlangga Pati Kawa, peserta berprestasi pada Diklat JFP yaitu Asrarul Rahman, Eden Zarista, Dwiyana Nurul Fajar dan peserta berprestasi pada Diklat ATY, yaitu Yoan Trifayani Tandi, Eden Zarista, Erlangga Pati Kawa, dan Dwiyana Nurul Fajar.

DSC_0658

DSC_0723