Workshop Penjaminan Mutu Pemeriksaan Kinerja Kerjasama BPK RI dan ANAO

Pusdiklat BPK RI memfasilitasi penyelenggaraan Workshop Penjaminan Mutu Pemeriksaan Kinerja (QAPA) bekerjasama dengan ANAO selama dua hari, 23-24 Oktober 2014. Acara pembukaan workshop dibuka oleh Inspektur Utama (Mahendro Sumardjo) dan dihadiri oleh Kepala Pusdiklat (Dwi Setiawan Susanto), Plt. Kepala Biro Humas dan Kerjasama Internasional BPK RI (Akshanul Haq), ANAO Executive Director Professional Service (Brandon Jarret) serta ANAO Senior Director Professional Service (Peeta Martyn).

Dalam sambutannya, Inspektur Utama BPK RI mengungkapkan tentang harapan dari Ketua BPK RI agar pemeriksaan kinerja di BPK RI dapat lebih ditingkatkan kualitasnya.  Hasil pemeriksaan kinerja diharapkan dapat membantu pemerintah dalam pelaksanaan program-program layanan yang pro kesejahteraan rakyat.  “Saya berharap kemampuan teman-teman di Inspektorat Utama harus lebih baik lagi dan bisa perbaiki kualitas laporan pemeriksaan BPK,” tegas Inspektur Utama.

Pada acara workshop yang diikuti oleh 47 peserta ini, Inspektur Utama memaparkan agar pemeriksaan kinerja BPK bisa menggunakan pendekatan secara makro strategis, tidak hanya pendekatan secara mikro teknis. Dengan demikian hal tersebut akan mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik terhadap kesejahteraan masyarakat. Inspektur Utama juga menyampaikan harapannya agar analisa terhadap kualitas hasil pemeriksaan kinerja dapat dilakukan secara lebih mendalam dimana analisa yang dilakukan tidak hanya melihat satu aspek saja.

Delegasi ANAO, Inspektorat Utama dan Litbang BPK RI mengadakan diskusi, bertukar pengetahuan dalam hal praktik dan kebijakan penjaminan mutu pemeriksaan kinerja di BPK RI dan ANAO. Workshop Penjaminan Mutu Pemeriksaan Kinerja kali ini ditutup oleh Inspektur Utama didampingi oleh Kepala Bagian Pelaksanaan Pusdiklat BPK RI, Nur Budi Setiawan pada Jumat, 24 Oktober 2014. Inspektur Utama menyampaikan pesan agar penyempurnaan pedoman QAPA dapat segera diproses. Kerjasama antara BPK RI dan ANAO kali ini merupakan salah satu langkah konkrit dalam pengembangan QAPA (Quality Assurance on Performance Audit) di BPK RI. ****