Pembukaan Perdana Diklat 2015 oleh Ketua BPK RI

“Jadikan Pusdiklat Excellent Learning Center”

Ketua BPK RI, Harry Azhar Aziz membuka secara resmi pelaksanaan Diklat Perdana 2015 dan launching Excellent Learning Center pada Selasa, 6 Januari 2015 di Auditorium Pusdiklat, Kalibata, Jakarta. Acara yang dihadiri oleh Kaditama Revbang, Kaditama Binbangkum, Tortama KN II, Kadit. Litbang, Kepala Biro SDM, Kepala Biro Sekretariat Pimpinan dan Kepala Biro Umum ini diawali dengan Laporan Pelaksanaan Kegiatan yang disampaikan oleh Kepala Pusdiklat BPK RI yang mengungkapkan komitmen Pusdiklat untuk mulai menerapkan konsep excellent learning center yang akan terus disempurnakan mulai tahun 2015.

Excellent learning center merupakan pengembangan pola pembelajaran untuk diklat teknis berdasarkan spesialisasi kompetensi yang dikelompokkan menjadi dua yakni excellent learning center pemeriksaan (untuk mencetak pemeriksa di bidang pemeriksaan keuangan, kinerja, investigasi dan pemeriksaan dengan tujuan tertentu) dan excellent learning center kelembagaan (untuk mencetak pelaksana BPK RI dengan kompetensi yang baik).

Dalam pengarahan pembukaan Diklat 2015 kali ini, Ketua BPK RI mengungkapkan bahwa nasib pengelolaan keuangan negara ada di tangan BPK. Tanggung jawab pengelolaan keuangan negara tersebut telah dimandatkan oleh negara. Pengelolaan keuangan negara harus memenuhi unsur terbuka, bertanggung jawab dan digunakan sebesar-sebesar kemakmuran rakyat. “Hal itu menjadi bagian terintegrasi dalam pekerjaan BPK RI,” tegas Ketua BPK RI di hadapan para peserta diklat fungsional, diklat teknis dan pegawai Pusdiklat.

Ketua BPK RI juga mengungkapkan harapannya agar Pusdiklat BPK RI dapat menjadikan pegawai BPK RI menjadi lebih profesional. Profesionalitas harus dilakukan dengan bersungguh-sungguh bekerja untuk mencapainya. Menurut Ketua BPK RI, ilmu pemeriksaan keuangan negara semakin berkembang. Tidak hanya terbatas pada ilmu akuntansi, tapi juga meliputi ilmu ekonomi, sosial politik dan hukum. “Saya sangat concern terhadap ilmu. Dengan ilmu kita akan menguasai dunia. Oleh sebab itu saya ingin Pusdiklat BPK menjadi excellent learning center.”

Pembukaan Diklat Perdana 2015 dan excellent launching learning center ditandai dengan penyerahan secara simbolis Katalog dan Kalender Diklat 2015 dari Kepala Pusdiklat BPK RI kepada Ketua BPK RI dan pemukulan gong oleh Ketua BPK RI. Pada kesempatan ini, Ketua BPK RI melakukan touring di lingkungan Pusdiklat untuk meninjau fasilitas-fasilitas pembelajaran yang tersedia.***

fotoedit