Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tk.IV Angkatan I TA 2015 Pola Baru

pembukaanPIM42015

Pada hari Senin, 2 Februari 2015 bertempat di Auditorium Gedung R. Soerasno Balai Diklat BPK di Yogyakarta, berlangsung acara pembukaan Diklat Kepemimpinan Tk.IV Angkatan I Tahun 2015. Diklat ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal dan dihadiri oleh Kepala Pusdiklat dan Kepala Biro SDM dhi diwakili oleh Kabag Kesejahteraan, Kepala Perwakilan Prov DI Yogyakarta dan para Mentor dari peserta diklat.

Diklat ini menggunakan Pola Baru sesuai Peraturan Kepala LAN Nomor 13 Tahun 2013, akan dilaksanakan selama 97 hari (867 Jam Pelajaran) meliputi 32 hari on class dan 65 hari off class.

Tujuan Penyelenggaraan Diklatpim adalah meningkatkan kompetensi kepemimpinan pejabat struktural yang akan berperan dalam melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansinya masing-masing, menjadi pemimpin agen perubahan untuk mencapai kinerja yang lebih baik. Sebagai agen perubahan diharapkan dapat diwujudkan dalam bentuk proyek perubahan di instansinya.

Lembaga Administrasi Negara membuat kebijakan Diklat Kepemimpinan Pola Baru, yaitu dengan cara meningkatkan kapasitas merencanakan, melaksanakan, mengelola konflik yang terjadi sebagai akibat perubahan, dan memastikan perubahan berjalan sesuai dengan ekspektasinya. Pemimpin instansi dari peserta memberi otorisasi kepada peserta untuk menjual gagasan perubahan kepada stakeholder yang ada di instansinya. Menjadikan gagasan perubahan menjadi milik bersama. Menempatkan peserta diklat dalam leadership laboratory, peserta mengelola proses perubahan yang sesungguhnya dibawah bimbingan mentor, coach, dan counselor. Melibatkan pimpinan masing-masing instansi pengirim dalam proses pembelajaran; Apreasiasi dan kepemilikan; sehingga peran pemimpin instansi untuk ikut bertanggung jawab menyiapkan calon pemimpin.

Dalam kesempatan ini, Sekretaris Jenderal memberikan sambutannya antara lain, Proyek perubahan yang diusulkan hendaknya menjadi Budaya bukan hanya sekedar SOP saja.

Diklat PIM IV ini juga diikuti oleh peserta dari Pemkab Belitung Timur dan BKKBN Yogyakarta. (**)