Peresmian Excellence Learning Center di Pusdiklat BPK RI

ELC 2

Kamis, 9 Juli, Sekretaris Jenderal BPK RI, Hendar Ristriawan meresmikan Excellence Learning Center (ELC) di Auditorium Pusdiklat Kalibata. Acara yang dihadiri oleh Kepala Auditorat Utama Perencanaan, Evaluasi dan Pengembangan Pemeriksaan Keuangan Negara, para pejabat eselon II Kantor Pusat dan para manajemen Pusdiklat BPK RI. Mengawali sambutannya, Sekretaris Jenderal mengucapkan selamat atas pengembangan konsep ELC di Pusdiklat BPK RI yang didalamnya terdiri dari berbagai inovasi untuk pembelajaran seperti museum pengetahuan, cafe pembelajaran, maupun berbagai inovasi dan produk turunannya.

Sekretaris Jenderal berharap Pusdiklat BPK RI terus mengembangkan metode pembelajaran yang lebih bernilai, lebih efektif dan lebih tepat guna. Salah satu metode pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran jarak jauh atau e-learning. Melalui e-learning, pegawai BPK RI dapat terus mengembangkan kompetensi dan memutakhirkan pengetahuan dan keterampilannya tanpa batasan jarak dan waktu dengan bantuan akses internet.

ELC 1

“Transformasi konsep training yang dianut Pusdiklat BPK selama ini menjadi learning adalah titik awal perubahan pembelajaran di Pusdiklat BPK, “ ujar Sekretaris Jenderal di hadapan peserta Diklat Kepemimpinan Tingkat IV dan diklat Jabatan Fungsional Pemeriksa yang ikut menyaksikan acara peresmian ELC.

Rangkaian acara peresmian ELC kali ini ditandai dengan penyematan PIN dengan desain lumba-lumba bernama Elsi yang merupakan maskot pembelajaran ELC Pusdiklat BPK RI. Sekretaris Jenderal didampingi Kepala Pusdiklat BPK RI, Dwi Setiawan Susanto menyematkan PIN tersebut kepada para tamu undangan, pejabat eselon I dan II yang hadir pada hari itu. Menurut Kepala Pusdiklat, pemilihan maskot lumba-lumba karena hewan tersebut dikenal sebagai hewan yang cerdas dan terlatih. Selanjutnya, para tamu undangan mendapat kesempatan mencoba aplikasi e-learning yang tercipta berkat kerjasama antara Pusdiklat BPK RI dengan MSI serta USAID.

ELC 3

Dalam rangka mensosialisasikan ELC, Pusdiklat BPK RI merancang peresmian kali ini dengan memanfaatkan teknologi video conference dengan Balai Diklat Medan, Yogyakarta dan Makassar. Para pegawai dan peserta diklat di masing-masing balai dapat mengikuti rangkaian acara peresmian ELC dengan bantuan tim Biro Teknologi Informasi.

ELC 4

ELC 5

Pusdiklat BPK RI menyambut peresmian ELC dan e-learning dengan menghadirkan galeri laboratorium dan praktikum pemeriksaan kinerja. Bagian Diklat Kelembagaan dan Pemeriksaan Keuangan Negara memamerkan produk-produk diklat mereka di area resgistrasi auditorium. Para tamu juga dapat menikmati pameran foto-foto aktifitas di Pusdiklat BPK RI serta poster-poster sil karya para peserta diklat CPNS 2015. Acara peresmian ELC juga dimeriahkan dengan sesi foto di area photoboth ELC serta pelepasan balon oleh Kaditama Revbang di halaman gedung ELC. (DD)

Foto: FX & Arif