Pembukaan Diklatpim Tingkat III Angkatan II 2015 “Pentingnya Perbaikan Berkelanjutan”

_DSC0076

Senin, 3 Agustus 2015, Inspektur Utama BPK RI, Mahendro Sumardjo hadir di ruang Aula Pusdiklat Kalibata dalam rangka pembukaan kegiatan Diklatpim Tingkat III Angkatan II 2015 yang diikuti oleh 39 peserta dari BPK RI, LKPP dan Pemerintah Kota Manado. Dalam sambutannya, Inspektur Utama mengungkapkan bahwa pada saat ini tuntutan dari masyarakat dalam peningkatan pelayanan_DSC0038 prima merupakan sebuah hal mutlak. Sementara pelayanan prima di BPK RI diwujudkan dalam peningkatan kualitas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP), dimana hasil pemeriksaan BPK RI dapat dirasakan secara langsung oleh masyarakat. Salah satu yang seharusnya mampu dirasakan oleh masyarakat adalah peningkatan kesejahteraan hidup.

Menurut Inspektur Utama, salah satu faktor pendukung keberhasilan kinerja pemerintah adalah sumber daya manusia yang memiliki sikap dan perilaku yang penuh kesetiaan dan ketaatan kepada Negara. Sumber daya manusia yang bermoral, bermental baik, profesional dan sadar akan tanggung jawab sebagai pelayanan publik. Pada kesempatan tersebut, Inspektur Utama juga memaparkan tentang pentingnya perbaikan berkelanjutan dalam pengembangan organisasi BPK RI. “Perbaikan berkelanjutan itu tidak terjadi serta merta, butuh proses. Peserta Diklatpim diharapkan mulai memikirkan perbaikan yang berkesinambungan di instansi masing-masing,” tegas Inspektur Utama.

Perbaikan berkelanjutan akan berjalan secara maksimal dengan hadirnya inovasi. Dalam diklat kali ini para peserta dituntut untuk mampu berinovasi dengan_DSC0026 baik. Namun, Inspektur Utama berpesan agar para peserta melakukan inovasi tersebut tetap dalam koridor aturan-aturan yang berlaku.

Pembukaan diklatpim kali ini dihadiri pula oleh para mentor (atasan langsung), coach dan sebagian fasilitator diklat. Kepala Pusdiklat BPK RI, Dwi Setiawan Susanto menyampaikan laporan kegiatan dan mengingatkan kembali pentingnya proyek perubahan dengan kompetensi yang utuh untuk menghasilkan proyek perubahan yang baik. Penyelenggaraan Diklatpim Tingkat III Angkatan II ini dilakukan dengan pola baru LAN dan akan berakhir pada pada 24 November 2015. (DD)

Foto: FX