Festival Anti Korupsi 2015: Pusdiklat BPK RI Meraih Penghargaan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi

Pusdiklat BPK RI berhasil meraih Penghargaan Dan Laporan Hasil Evaluasi Pembangunan Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi (WBK) Dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) Tahun 2015 yang diserahkan secara langsung oleh Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB), Yuddy Chrisnandi dalam acara penutupan Festival Anti Korupsi di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga), Bandung pada Jumat, 11 Desember 2015 lalu.

WBK dan WBBM menurut Menteri PAN dan RB bukan sekadar istilah, tetapi merupakan predikat yang diberikan berdasarkan hasil penilaian objektif oleh tim penilai internal (TPI). Predikat tersebut disematkan atas dasar adanya perbaikan ke dalam yaitu akuntabilitas berbasis kinerja, serta pelayanan keluar kepada masyarakat.‎

Menurut Menteri PAN dan RB, penghargaan itu diberikan kepada instansi yang berupaya nyata dalam memberikan pelayanan publik dengan baik serta melakukan upaya pencegahan korupsi di lingkungannya. “Penghargaan ini diharapkan jadi momentum, pemicu bagi instansi-instansi untuk melakukan pemberantasan dan pencegahan korupsi dengan lebih konkrit,” kata Menteri PAN dan RB yang menyerahkan penghargaan tersebut kepada Kepala Bagian Tata Usaha, Retno Damayanti R. S. mewakili Kepala Pusdiklat BPK RI.

Pemberian penghargaan itu menurutnya bukan hanya sekedar seremonial semata, namun  menunjukkan adanya komitmen pemerintah bersama KPK dan instansi lainnya untuk mencegah semakin menjamurnya tindak pidana korupsi. Ia berharap daerah atau instansi lain juga terpacu untuk bertindak nyata mencegah terjadinya korupsi. Implementasi Zona Integritas (ZI) dalam instansi pemerintah memiliki peran penting dalam percepatan reformasi birokrasi. Sasaran utama yang dituju adalah unit-unit kerja pelayanan publik yang langsung berkaitan dengan masyarakat serta mendongkrak akuntabilitas unit kerja yang berbasis pada kinerja.

“Fokus reformasi birokrasi langsung diarahkan pada unit-unit kerja pelayanan publik dan perizinan di seluruh Kementerian, Lembaga, dan Pemerintah Daerah (Pemda). Untuk itu, komitmen pimpinan menjadi krusial,” papar Menteri PAN dan RB di hadapan Plt. Pimpinan KPK, Johan Budi SP dan Walikota Bandung, Ridwan Kamil yang hadir dalam acara penutupan Festival Anti Korupsi.

‎Pusdiklat BPK RI menerima penghargaan tersebut bersama dengan satuan kerja BPK RI Perwakilan Jawa Timur, BPK RI Perwakilan Banten, BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan,  Kantor Pusat Perbendaharaan, Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya Bogor, Balai Besar Inseminasi Buatan Singosari, Balai Karantina Pertanian Kelas II Yogyakarta, Pelabuhan Perikanan Nusantara Pemangkat, RSUD Tugurejo, RSUD Palembang Bari, Lapas Wanita Kelas IIA Bulu Semarang dan RSUP Dr Karyadi. (DD)

Pusdiklat BPK, BPK Perwakilan Jawa Timur, BPK Perwakilan Banten, BPK Perwakilan Kalimantan Selatan Para pejabat dari instansi dan lembaga negara yang menerima penghargaan Zona Integritas WBK dan WBBM
 Pusdiklat BPK, BPK Perwakilan Jawa Timur, BPK Perwakilan Banten, BPK Perwakilan Kalimantan Selatan  Para pejabat dari instansi dan lembaga negara yang menerima penghargaan Zona Integritas WBK dan WBBM
Menteri RB dan PAN menyerahkan piagam penghargaan Zona Integritas WBK dan WBBM
 Menteri RB dan PAN menyerahkan piagam penghargaan Zona Integritas WBK dan WBBM

 

Foto: Joko