Belajar tentang Penyelenggaraan Diklat ke Pusdiklatwas BPKP dan Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan

Pusdiklat BPK RI senantiasa komitmen kuat dalam peningkatan pelayanan penyelenggaraan diklat. Salah satu langkah konkrit yang dijalankan adalah peningkatan kompetensi dan kapasitas para penyelenggara diklat melalui Training Officer Course (TOC) yang diselenggarakan pada 22 Februari – 4 Maret 2016.

Pelatihan yang diikuti oleh 35 peserta ini merupakan kebijakan dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) dalam melakukan quality assurance terhadap para penyelenggara diklat dari instansi kementerian/lembaga agar memiliki standarisasi sesuai dengan ketentuan LAN sebagai lembaga pembina pendidikan dan pelatihan aparatur negara.

Kamis, 3 Maret 2016 lalu, para penyelenggara diklat Pusdiklat BPK RI melakukan studi lapangan ke Pusdiklat Pengawas (Pusdiklatwas) BPKP dan Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan di Ciawi, Bogor, Jawa Barat. Kepala Pusdiklat BPK RI, Dwi Setiawan Susanto mengungkapkan bahwa kegiatan observasi lapangan tersebut bertujuan untuk mendapatkan gambaran nyata tentang implementasi pengelolaan diklat di kementerian/ lembaga lain sebagai bagian dari pengayaan penggetahuan dan peningkatan kompetensi.

“Dalam kunjungan ini diharapkan para peserta diklat TOC dapat belajar tentang pengelolaan diklat secara lebih baik,” papar Kepala Pusdiklat BPK RI di hadapan Kepala Pusdiklatwas BPKP, Slamet Haryadi.

Kepala Pusdiklatwas BPK sendiri menyambut dengan baik kunjungan para peserta diklat TOC dan Management Officer Traning (MOT) Kementerian Tenaga Kerja yang berlangsung pada waktu yang sama. “Pusdiklatwas BPKP bangga dapat menjadi inspirasi bagi lembaga pendidikan lainnya. Semoga ada hal-hal yang baik yang bisa diambil, namun bila ada yang kurang mohon disampaikan agar menjadi perbaikan.”

Hal serupa juga diungkapkan oleh Kepala Pusdiklat Kemenaker, Suhartono yang menyampaikan bahwa obervasi lapangan dalam diklat TOC dan MOT merupakan media belajar untuk menjadi lebih baik sebagai penyelenggara diklat.

Sementara Kepala Bagian Tata Usaha Pusdiklat Anggaran dan Perbendaharaan (Pusdiklat AP), Mutasim Billah, mewakili Kapusdiklat AP menyambut baik kehadiran peserta studi lapangan dalam rangka diklat TOC dari Pusdiklat BPK. “Saya pribadi menganggap Pusdiklat BPK RI sudah lebih baik dalam pengelolaan diklat dan fasilitasnya, namun mungkin ada beberapa hal yang dapat kami sajikan sebagai tambahan wawasan dalam pengelolaan diklat teknis bagi pengelola keuangan.”

Kegiatan observasi lapangan yang diikuti oleh 35 orang pengelola diklat Pusdiklat Kalibata, Balai Diklat Yogyakarta, Balai Diklat Medan, Balai Diklat Makasar dan BPK Perwakilan DKI Jakarta. Para peserta diklat terlihat antusias dalam mengggali hal-hal positif seputar pengelolaan diklat di Pusdiklatwas BPKP dan Pusdiklat AP. Kegiatan observasi lapangan yang dilakukan secara berkelompok ini diharapkan dapat meningkatkan team work yang selama ini telah terbangun dengan baik di Pusdiklat BPK RI. Dengan demikian, para peserta diklat dapat mendapatkan manfaat, pengetahuan dan pengalaman baru seusai melakukan kunjungan ke Pusdiklatwas BPKP dan Pusdiklat AP. (DD)

kunjungan kunjungan2
Kepala Pusdiklat Kemenaker, Kepala Pusdiklatwas BPKP, Kepala Pusdiklat BPK RI Para peserta diklat TOC BPK RI bersama Kepala Pusdiklat Kemenaker, Kepala Pusdiklatwas BPKP, Kepala Pusdiklat BPK RI, Kepala Bidang Diklat Kelembagaan BPK RI, dan pendamping dari LAN
kunjungan4 kunjungan3
Pemaparan profil Pusdiklat AP oleh salah satu pejabat strukturalnya Para peserta diklat TOC BPK RI bersama Kepala Subbidang Pelaksanaan Diklat Kelembagaan, para pejabat struktural di lingkungan Pusdiklat AP, dan Widyaiswara BPK RI.