Ketua BPK RI Meresmikan Balai Diklat Gowa, Sulawesi Selatan

Foto 2Ketua BPK RI, Harry Azhar Azis meresmikan Balai Diklat Gowa pada Senin, 9 Januari 2017 didampingi Anggota VI BPK RI, Bahrullah Akbar, Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo, para gubernur di wilayah Indonesia Timur, Kepala Daerah seluruh Sulawesi Selatan, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sulawesi Selatan, Anggota DPR Komisi XI, Kepala Lembaga Administrasi Negarad an para pejabat di lingkungan BPK RI. Ketua BPK mengharapkan pembangunan balai diklat ini mampu menjawab tantangan BPK RI dalam meningkatkan standar kompetensi para auditornya. Keberadaan Balai Diklat Gowa tidak hanya ditujukan untuk pengembangan kompetensi pemeriksa BPK di seluruh Indonesia, tetapi juga dapat mencakup pengembangan kompetensi Aparat Pengawasan Internal Pemerintah (APIP) di seluruh Indonesia.

Foto 3Pada sambutannya, Ketua BPK mengungkapkan bahwa BPK RI senantiasa berusaha menggali aspirasi dan harapan dari masyarakat terhadap kinerja BPK RI sebagai lembaga pemeriksa keuangan. Hal tersebut menjadi salah satu masukan dalam menyusun kerangka standar pemeriksaan. Menurut Ketua, pemberian opini yang mencerminkan kualitas pengelolaan keuangan negara hanya berujung pada pemberian predikat Wajar Tanpa Pengecualian. Pada periode ini BPK RI bertekad untuk ikut serta berperan dalam mewujudkan kemakmuran rakyat yang sebesar-besarnya melalui hasil pemeriksaan yang dilakukan BPK RI.

Foto 4Pembangunan balai diklat ini yang berlokasi di Jalan HM. Yasin Limpo Kelurahan Romangpolong, Kecamatan Somba Opu, Kabupaten Gowa ini merupakan bagian dari pengembangan program kompetensi bagi pegawai di wilayah timur. Salah satu keunggulan keberadaan Balai Diklat dengan luas 20.313 m2 ini adalah penerapan metode pembelajaran tematis. Sesuai dengan arah pembangunan nasional, maka desain pembelajaran yang dirancang khusus untuk balai diklat gowa ini adalah pada spesialisasi untuk pemeriksaan infrastruktur. Balai Diklat Gowa memiliki fasilitas lengkap mulai dari gedung perkantoran dan diklat, wisma bagi para peserta diklat, sarana ibadah dan olahraga.

Foto 1Acara peresmian kali ini diakhiri dengan penyelenggaraan  seminar dengan tema “Tantangan Organisasi terhadap Pengembangan SDM” di Auditorium Balai Diklat.  Ketua BPK RI, Anggota VI BPK, Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN), Gubernur Sulawesi Selatan, dan Anggota DPR bertindak sebagai narasumber di hadapan para peserta yang berasal dari lingkungan pemerintah daerah. (DD)

Foto: Iman