Peresmian Galeri dan Studio Pembelajaran di Pusdiklat BPK

Pusdiklat BPK menyelenggarakan Peresmian Galeri dan Studio Pembelajaran yang dihadiri oleh Wakil Ketua BPK (Sapto Amal Damandari), Anggota I BPK (Agung Firman Sampurna), Anggota VII BPK (Achsanul Kosasih), Sekretaris Jenderal BPK (Hendar Ristriawan) dan para  pejabat eselon I dan II di lingkungan BPK pada Kamis, 16 Februari 2017 di Pusdiklat BPK Kalibata, Jakarta.

Acara peresmian diawali dengan tur galeri dilanjutkan dengan kunjungan ke studio pembelajaran Pusdiklat BPK untuk menyaksikan pemutaran perdana film Sang Penjaga yang menampilkan cerita tentang tugas dan tanggung jawab para pemeriksa (auditor) BPK dalam menjalankan tugas pemeriksaan. “Semoga film ini dapat memberikan pencerahan kepada seluruh stakeholder tentang tugas dan fungsi BPK dalam pemeriksaan keuangan negara,” ungkap Wakil Ketua BPK seusai melihat pemutaran film di Studio Pusdiklat BPK.

Film yang berdurasi selama 60 menit ini merupakan media agar masyarakat luas dapat lebih mengenal BPK secara lebih baik seperti yang diungkapkan oleh Anggota VII BPK. “Tujuan auditor bukan mencari kesalahan namun mengkonfirmasi kebenaran, bahwa apa yang dilakukan auditor sesuai kepentingan negara dan  undang-undang keuangan negara.” Film ini juga menyoroti aspek humanis kehidupan seorang auditor baik dalam pekerjaan maupun keluarga.

Kehadiran galeri dan studio pembelajaran di Pusdiklat ini diharapkan dapat menambah variasi media pembelajaran yang telah ada. Dengan demikian proses belajar mengajar menjadi semakin efektif, efisien serta membangkitkan motivasi bagi para peserta diklat maupun pegawai di lingkungan Pusdiklat BPK untuk bekerja sesuai dengan nilai-nilai dasar BPK; integritas, independensi, dan profesionalisme. (AF, IAP)

Foto 1 Foto 2
Wakil Ketua BPK menandatangani prasasti peresmian Galeri dan Studio Pembelajaran Pusdiklat BPK Wakil Ketua BPK: “Sebaiknya film Sang Penjaga tersedia dengan teks berbahasa Inggris sehingga dapat diputar di Museum BPK di Magelang.” Sekretaris Jenderal BPK: “Excellent.”
Foto 3 Foto 4
Seluruh kru film Sang penjaga berfoto bersama keluarga Pusdiklat BPK. Anggota I menyambut baik pemutaran film Sang Penjaga di Pusdiklat BPK

 

Foto: Fico, Arief