Seminar Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara di Masa Pandemi Covid-19

Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) menyelenggarakan seminar dengan topik “Tantangan Akuntabilitas Keuangan Negara di Masa Pandemi Covid-19”. Seminar ini diselenggarakan secara online usai kegiatan pelantikan Ketua IPKN Wilayah dan diikuti oleh internal serta eksternal BPK dari Inspektorat Kementerian/Lembaga, SPI BUMN, SPI Perguruan Tinggi, Kantor Akuntan Publik, Organisasi Profesi, Aparat Penegak Hukum, dengan total sebanyak 323 peserta.

Dibuka oleh Ketua BPK, Dr. Agung Firman Sampurna, CSFA., seminar ini menghadirkan tiga narasumber yang ahli di bidang pemeriksaan keuangan negara yaitu Wakil Ketua BPK, Dr. Agus Joko Pramono, CSFA., Kepala Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP), Muhammad Yusuf Ateh, Ak., MBA., dan Ketua Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), Prof. Mardiasmo, MBA., Ph.d., CFrA., QIA., Ak., C.A., FCMA., CGMA., ASEAN CPA., CPA (Aus.).

Para narasumber menjelaskan materi terkait Kebijakan dan Strategi Pemeriksaan BPK Terhadap Keuangan Negara dan Peran APIP dalam Mengawal Tata Kelola Keuangan Negara/Daerah di masa pandemi Covid-19, serta Perspektif Akuntan tentang Akuntabilitas dan Transparansi Keuangan Negara di Masa Pandemi Covid-19.

 

Ketua BPK mengungkapkan bahwa seminar ini merupakan implementasi atas pembentukan IPKN yang salah satunya memiliki tujuan untuk mengedukasi masyarakat serta mengembangkan profesi bagi para anggotanya. Ia berharap seminar ini mampu menjadi media bagi BPK serta IPKN untuk meningkatkan kualitas pemeriksaan keuangan negara