Studi Lapangan Virtual Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I Tahun 2020

Peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan I Tahun 2020 melakukan kegiatan studi lapangan secara virtual pada Senin, 03 Agustus 2020. Studi lapangan pada tahun ini dilakukan pada lima lokus yaitu Lokus Dirjen Perimbangan dan Dirjen Perbendaharaan pada @kemenkeuri, Lokus Pelayanan Publik, Smart Kampung, dan Dinas Pariwisata pada @banyuwangi_kab.

Berkesempatan memberikan sambutan, Kepala Biro Organisasi dan Ketatalaksanaan Kementerian Keuangan, Dr. Dini Kusumawati, S.E., M.E., mengatakan bahwa salah satu kunci dari keberhasilan kementerian keuangan atas capaian inovasinya adalah peran leaders yang visioner dan mampu mengantisipasi perubahan. Pemimpin harus mampu mengkomunikasikan perubahan tersebut kepada bawahan, mengarahkan, mendengar aspirasi, memberi solusi dan memberdayakan bawahan dengan baik,

Sosok pemimpin inovatif, H. Abdullah Azwar Anas, M.Si., Bupati Kabupaten Banyuwangi, hadir pula memberikan sambutan. Ia berbagi kisah dan pengalaman selama menjadi seorang pemimpin daerah tentang membuat terobosan-terobosan baru melalui program inovatif guna menjamin kualitas pelayanan dan kesejahteraan rakyat. Salah satu program yang diprakarsainya adalah Smart Kampung, yaitu pengembangan terhadap konsep Smart City yakni pengintegrasian teknologi informasi dan komunikasi ke dalam tata kelola pemerintahan setingkat kota. Atas inovasi destinasi wisata ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi mendapatkan juara pertama bersaing dengan 180 negara atas inovasi local government sektor pariwisata di Asia -Pasifik, bahkan mendapatkan reward untuk promosi di Eropa.

Dengan studi lapangan ini diharapkan para Pejabat Administrator di lingkungan BPK dapat mengembangkan kemampuan dalam mengidentifikasi area perubahan dan agenda inovasi pada lokus studi lapangan, sehingga mampu memberikan inspirasi untuk mengembangkan ide-ide perubahan yang akan diterapkan dalam unit organisasi.