Pembukaan Rangkaian Diklat CPNS Golongan III dan II Tahun 2021 Secara Virtual

Wakil Ketua BPK Dr. Agus Joko Pramono, CSFA., didampingi oleh Kepala Badiklat  PKN Dra. Ida Sundari, M.M., CSFA., membuka rangkaian diklat bagi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Golongan III dan II Tahun 2021 yang dilaksanakan secara daring Rabu, 27 Januari 2021. Dalam sambutannya Wakil Ketua BPK menyampaiakan ucapan selamat kepada seluruh peserta  “Selamat bergabung dengan BPK, selamat menjadi bagian dari aparatur negara untuk memperbaiki sistem administrasi dan model pelayanan yang terbaik untuk mencapai tujuan bernegara”.

Lebih lanjut beliau menyampaikan kepada seluruh CPNS bahwa diklat ini merupakan fase belajar, oleh karena itu fase ini agar dimanfaatkan untuk belajar sebaik-baiknya dan sebanyak-banyaknya serta untuk terus meningkatkan kompetensi melalui teknologi yang tengah berkembang pesat dengan cara mengoptimalkan teknologi untuk mendapakan hasil yang terbaik.

Untuk meningkatkan good governance dan clean governance maka PNS harus memiliki sikap dan perilaku yang setia kepada negara, bermoral, dan bermental baik, profesional, bertanggung jawab, dan selalu mempererat persatuan kesatuan bangsa dan negara. Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, BPK telah memiliki core value yang dikenal dengan independensi, integritas, dan profesionalisme. Ketiga nilai ini merupakan dasar yang harus dipahami dan diterapkan oleh seluruh insan BPK sehingga dapat membentuk karakter serta kinerja yang baik.

Kegiatan diklat yang diselenggarakan merupakan persyaratan bagi CPNS untuk memahami organisasi BPK, serta membentuk kompetensi berupa pengetahuan, keterampilan, dan perilaku dalam pekerjaan dan sebagai pegawai dan pemeriksa BPK. Dalam laporannya, Kepala Badiklat menyampaikan bahwa jumlah peserta diklat pada kesempatan ini sebanyak 403 orang yang terdiri dari penerimaan CPNS BPK tahun 2019, serta 102 peserta CPNS Bappenas yang akan mengikuti pelatihan dasar.

Rangkaian diklat CPNS ini akan meliputi diklat orientasi ke-BPK-an, pelatihan dasar untuk golongan III dan II, dan untuk golongan III akan dilanjutkan dengan Diklat Jabatan Fungsional Pemeriksa Ahli Pertama termasuk on the job training sehingga waktu pelaksanaan diklat golongan III selama 9 bulan sedangkan golongan II selama 4 bulan. Kepala Badiklat juga menambahkan bahwa meskipun pembelajaran berlangsung secara distance learning, Badiklat PKN tetap berupaya untuk menjaga kualitas diklat dengan sebaik-baiknya sehingga kelak apa yang didapat dalam pelatihan dapat diaplikasikan seefisien dan seefektif mungkin dalam pelaksanaan tugas.

Kegiatan pembukaan rangakaian diklat ini diselenggarakan secara serentak oleh Badiklat PKN Jakarta, Balai Diklat Medan dan Gowa serta dihadiri oleh Sekretaris Jenderal BPK, Bahtiar Arif dan para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di lingkungan BPK RI. Pada akhir sesi kegiatan diisi dengan dialog interaktif antara para peserta dengan Wakil Ketua dan Sekjen BPK yang bertujuan untuk lebih mengenal BPK dan Pimpinan BPK serta memberikan motivasi dalam menjalankan kegiatan diklat.