Pembukaan Diklat Pelatihan Dasar CPNS Gol. III Tahun 2021

“Selamat kepada seluruh peserta CPNS Golongan III Tahun 2021 yang telah berhasil melewati rangkaian proses seleksi yang ketat dan akan menentukan wajah masa depan Aparatur Sipil Negara baik di BPK maupun di Bappenas” ungkap Kepala Badan Diklat PKN, Dra. Ida Sundari M, M, CSFA., mengawali pembukaan diklat Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Gol. III Tahun 2021 secara daring, Rabu (10/2).

Sumber Daya Manusia merupakan aset terpenting dalam suatu organisasi. Oleh karena itu, untuk meningkatkan penyelenggaraan good governance di Indonesia, ASN sebagai key driver penyelenggaraan pemerintahan perlu dikembangkan secara maksimal. Untuk mengembangkan kompetensi sumber daya manusia termasuk para Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS), Badiklat PKN mempunyai tanggung jawab melalui jalur pendidikan dan pelatihan guna membentuk karakter PNS yang baik dan berkualitas.

             

Pembentukan karakter ASN yang berkualitas harus dilaksanakan sedini mungkin, salah satunya melalui Pelatihan Dasar CPNS. Sesuai dengan Peraturan Lembaga Administrasi Negara (LAN) Nomor 1 Tahun 2021, penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk membentuk PNS profesional yang dibentuk oleh sikap dan perilaku disiplin PNS, nilai-nilai dasar PNS, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, serta menguasai kompetensi teknis bidang tugas, sehingga mampu melaksanakan tugas dan perannya secara profesional sebagai pelayan masyarakat.

Untuk itu dalam kesempatan kali ini, Badiklat PKN kembali menyelenggarakan Diklat Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Gol. III Tahun 2021 yang pelaksanaannya dilakukan penuh secara daring bagi 282 peserta yang berasal dari CPNS BPK dan 102 peserta CPNS Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas. Hadir pula dalam kesempatan ini Kepala Biro SDM Kementerian PPN/Bappenas, Emmy Soeparmijatun, SH, MPM., menyampaikan sambutan serta mengapresiasi kerja sama kediklatan yang dilakukan oleh Badiklat dalam menyelenggarakan diklat Latsar bagi para CPNS PPN/Bappenas.

Pelatihan ini merupakan pelatihan yang wajib bagi seluruh CPNS dari seluruh Kementerian/Lembaga agar dapat diangkat menjadi PNS, untuk itu diharapkan para peserta diklat dapat mengikuti kegiatan diklat ini dengan sungguh-sungguh agar tujuan diklat membentuk pribadi-pribadi yang berkualitas, mempunyai perilaku kerja yang baik, berdedikasi tinggi, serta memahami dan menghadirkan nilai-nilai yang berpedoman pada independensi, integritas, dan profesionalisme dalam kehidupan sehari-hari dapat terwujud.

Mengakhiri pembukaan diklat latsar ini, Kepala Badiklat PKN mengutip salah satu pesan bijak dari Mahatma Gandhi, “Hiduplah seakan – akan kau akan mati besok. Belajarlah seakan – akan kau akan hidup selamanya.” Pergunakan sebaik mungkin kesempatan yang ada, baik dalam masa diklat maupun setelah terjun ke dunia kerja nyata nanti untuk terus mengembangkan dan mengaktualisasikan diri.