Kuliah Umum Diklat JFPAP bersama Sekjen BPK

Sekjen BPK, Bahtiar Arif, memberikan ceramah dalam kegiatan Kuliah Umum kepada peserta diklat Jabatan Fungsional Pemeriksa Ahli Pertama (JFPAP) yang diselenggarakan secara daring, Rabu 21 Juli 2021. Beliau mengungkapkan bahwa pemahaman dasar-dasar akuntansi diperlukan untuk memudahkan peserta diklat dalam memahami akuntansi.

Dalam kesempatan ini Sekjen BPK menyampaikan materi mengenai gambaran umum dan kerangka konseptual akuntansi pemerintahan, pemahaman akuntansi berbasis akrual dan akuntansi akun, laporan keuangan konsolidasi serta praktik penyusunan laporan keuangan pemerintah.

     

Untuk membuat suasana lebih interaktif, di sela-sela penjelasan, Sekjen BPK sekaligus mengajukan pertanyaan terkait tema yang dibahas. Melalui sesi tanya jawab ini selain untuk mengetahui pemahaman para peserta diklat mengenai akutansi, sekaligus merupakan moment dimana para peserta dapat berdialog secara langsung dengan Sekjen BPK.

       

Melalui kuliah umum ini, diharapkan para peserta mampu menyusun laporan keuangan sesuai standar dan sistem akuntansi pemerintahan. Mengakhiri sesi kali ini, Sekjen BPK berharap agar para peserta dapat lebih terpacu dalam mengembangkan pengetahuan khususnya dalam bidang akuntansi serta selalu menjaga kesehatan selama mengikuti diklat JFPAP.