Perdana, Kick off Meeting Pembelajaran BPK CorpU

JAKARTA, Humas Badiklat PKN – Badiklat PKN sebagai pengelola Inisiatif Strategis BPK Corporate University (BPK CorpU) mengadakan Kick off Meeting Komite Pembelajaran BPK CorpU pada Selasa (24/8). Ketua BPK, Agung Firman Sampurna, yang dalam kapasitasnya sebagai Ketua Komite Pengarah BPK CorpU memberikan sambutan sekaligus membuka acara yang berlangsung secara virtual ini.

Kick off meeting ini merupakan kegiatan perdana implementasi organisasi dan tata kerja BPK CorpU yang telah ditetapkan pada 6 Agustus 2021 lalu. BPK CorpU memiliki visi Menjadi Corporate University Kelas Dunia melalui pendidikan dan pengembangan pemeriksa keuangan negara yang kompeten dan profesional. Oleh sebab itu, terus berupaya dan berinovasi dalam mendukung kegiatan pendidikan dan pembelajaran, salah satunya melalui pembentukan Komite Pembelajaran BPK CorpU. Hal ini merupakan sebuah inisiatif dalam pelaksanaan tata kelola dengan melibatkan seluruh satuan kerja di lingkungan BPK yang sesuai dengan sesuai prinsip-prinsip CorpU bahwa kepemilikan dan pelaksana CorpU menjadi tanggung jawab bersama seluruh bagian organisasi.

“Begitu pentingnya pembelajaran bagi satu organisasi, maka dibutuhkan inisiatif, inovasi, dan berbagai terobosan untuk mendukung kegiatan pembelajaran tersebut”, ungkap Ketua BPK dalam sambutannya. Lebih lanjut, Ketua BPK menyampaikan bahwa melalui pembentukan Komite Pembelajaran BPK CorpU ini diharapkan dapat mewujudkan pembelajaran dan pembimbingan yang terarah sesuai dengan tujuan organisasi. Selain itu, pengembangan SDM yang lebih aplikatif, relevan dan mudah diakses diharapkan dapat mempercepat terciptanya learning organization atau organisasi yang terus belajar di lingkungan BPK.

Kick off Meeting ini dilaksanakan dengan penyampaian strategi pengembangan BPK CorpU dan 12 hasil tema diskusi FGD Pra Kick Off Meeting pada 12 Agustus 2021 lalu oleh Wakil Ketua Komite Pembelajaran dalam hal ini Plt. Kepala Badiklat PKN, Ida Sundari, untuk selanjutnya mendapatkan arahan dan masukan oleh Ketua BPK. Diskusi dalam FGD tersebut melibatkan semua unsur komite pembelajaran yang terdiri atas unsur Ketua dan Wakil Ketua Komite Pembelajaran, Unsur Komite Pakar, dan Unsur Komite Pengetahuan.

Beberapa masukan Ketua BPK dalam Kick Off Meeting ini ialah penerapan prinsip BPK CorpU, dengan desain pembelajaran yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun, tanpa terhalang oleh jarak dan waktu, materi pembelajaran didesain semenarik dan seefisien mungkin, serta pengembangan evaluasi pembelajaran. Atas hasil arahan ini nantinya akan dijadikan sebagai bahan rumusan kebijakan strategis pengembangan kompetensi SDM di BPK dan sekaligus dapat membangun komitmen para komite pembelajaran BPK CorpU untuk mengharmonikan pelaksanaan tusi dalam pencapaian visi BPK dengan aktivitas    yang terpadu. (I/E)