Penutupan Diklat JFPAP Tahun 2021 : Pemeriksa Handal Wujudkan Pengelolaan dan Pertanggungjawaban Keuangan Negara yang Optimal

Wajah BPK di masa depan dalam menjalankan amanat Undang – Undang Negara Republik Indonesia Tahun 1945 untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara, ditentukan oleh kiprah kalian sebagai pemeriksa yang handal sehingga dapat menjaga quality assurance pemeriksaan di BPK. Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Kepala Badan Diklat PKN BPK, Gunarwanto saat memberikan sambutan dalam penutupan Diklat Jabatan Fungsional Pemeriksa Ahli Pertama (JFPAP) Tahun 2021 pada Selasa, 23 November 2021 secara daring.

Diklat JFPAP yang diikuti sebanyak 325 peserta yang terdiri dari CPNS dan PNS sejak 23 Juni hingga 23 November 2021, merupakan kegiatan yang dirancang untuk mengembangkan sumber daya manusia serta memenuhi kompetensi dasar sekaligus menanamkan nilai-nilai dan etika yang dibutuhkan kepada calon pemeriksa. Hal tersebut bertujuan agar kelak para peserta diklat dapat menunaikan tugas pemeriksaan sebagai pegawai yang akan menduduki Jabatan Fungsional Pemeriksa.

 Untuk pertama kalinya, Diklat JFPAP pada tahun ini menerapkan metode on the job training (OJT). Metode ini merupakan salah satu tahapan pembelajaran dimana Badiklat PKN menggunakan pendekatan pelatihan dengan menyesuaikan metode kerja pemeriksaan, melakukan adaptasi dengan pekerjaan, serta menggunakan media kerja atau alat kerja secara langsung. Dengan demikian para peserta akan memiliki kemampuan dan wawasan untuk melaksanakan pemeriksaan secara riil.

Badiklat PKN telah melaksanakan ujian OJT bagi para peserta diklat pada periode 17 – 18 November 2021. Para peserta menyampaikan presentasi hasil pelaksanaan OJT di hadapan dua orang penguji yang berasal dari internal Badiklat PKN dan satuan kerja pemeriksa. Hasil evaluasi atas pelaksanaan Diklat JFPAP Tahun 2021 menyatakan bahwa seluruh peserta lulus dan berhak atas Surat tanda Tamat Pelatihan (Sertifikat). Pada kesempatan ini disampaikan pula daftar 10 peserta diklat dengan nilai terbaik.

Mengakhiri sambutannya, Plt. Kepala Badan Diklat PKN BPK bersama-sama mengajak seluruh peserta untuk bekerja keras dan berkomitmen dalam melakukan pengabdian bagi kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia. “Berikan yang terbaik untuk membantu BPK mengawal pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan Negara secara optimal.” Dengan berakhirnya masa pelatihan bagi para peserta Diklat JFPAP, Badiklat PKN berharap dapat membentuk SDM BPK yang unggul untuk mewujudkan Indonesia yang maju. Para peserta juga diharapkan tetap menjaga semangat untuk saling bersinergi, berkolaborasi, saling menginspirasi, serta semangat bekerja tiada henti dalam membangun negeri.