Tingkatkan Kualitas Teknologi Pembelajaran, Badiklat Berkunjung ke TVRI Yogyakarta dan JITV

Kepala Pusat Akademik dan Teknologi Pembelajaran (Pusdiktar) Badan Diklat Pemeriksaan Keuangan BPK RI, Dwi Setiawan Susanto dan rombongan berkunjung ke TVRI Stasiun Yogyakarta dan JITV, Jogja Istimewa Televisi  (30/11). Pada kunjungan ini Tim Redaksi TVRI Stasiun Yogyakarta dan JITV memperkenalkan alur produksi, pengelolaan sumber daya dan pengembangan kreativitas konten liputan yang dikelolanya kepada tim Bidang Teknologi Pembelajaran, Badiklat PKN.

TVRI Stasiun Yogyakarta merupakan TVRI stasiun daerah pertama kali yang berdiri di tanah air, yakni tahun 1965. Kepala Stasiun TVRI Yogyakarta, Tri Widiarto mengungkapkan bahwa program-program unggulan TVRI Yogyakarta selalu mengangkat kearifan budaya lokal. Beberapa program unggulan yang ada antara lain adalah Saba Desa, Teknotani dan Angkringan.

JITV merupakan televisi Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang pengelolaannya berada di bawah naungan Dinas Kominfo DIY. JITV menyiarkan informasi seputar Pemda DIY, informasi seni, budaya, pendidikan dan pariwisata bagi para pemirsanya. Program-program tersebut melibatkan peran aktif masyarakat dan komunitas di wilayah Yogyakarta. JITV mengembangkan ekosistem kultural berbasis digital multimedia asset management. Beberapa program unggulan JITV adalah Live CCTV Diskominfo, Seputar Pemda, Sarasehan, Keliling Jogja dan Cinema Kota-Kota.

Kunjungan ini merupakan bagian dari pengayaan media pembelajaran mandiri (self learning) yang sedang dikembangkan oleh Pusdiktar. Hal ini sejalan dengan platform BPK Corporate University yang saat ini sedang dikembangkan oleh Badiklat PKN. Hasil kunjungan kali ini diharapkan dapat meningkatkan wawasan Bidang Teknologi Pembelajaran dalam sistem managemen produksi konten dan media pembelajaran.