Workshop LKPP, LKKL, dan LKBUN Tahun 2021

 

Salah satu upaya untuk mewujudkan visi BPK adalah melalui pelaksanaan pemeriksaan Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP), Laporan Keuangan Kementerian Lembaga (LKKL), dan Laporan Keuangan Bendahara Umum Negara (LKBUN) yang berkualitas. Hal tersebut disampaikan Ketua BPK RI, Agung Firman Sampurna saat melakukan pembukaan kegiatan Workshop LKPP, LKKL, dan LKBUN Tahun 2021 di Auditorium BPK, Gedung Tower BPK pada Kamis (13/1).

Peningkatan kualitas pemeriksaan LKPP, LKKL, dan LKBUN diharapkan dapat dicapai antara lain melalui peningkatan risk awareness dalam rangka pengembangan strategi dan prosedur pemeriksaan LKPP, LKKL, dan LKBUN. Hal ini akan mendorong peningkatan kualitas pertanggungjawaban atas pelaksanaan APBN dari aspek kinerja dan optimalisasi peran Pokja Pemeriksaan LKPP dalam mendukung Pemeriksan LKPP, LKKL, dan LKBUN. Workshop kali ini dihadiri oleh Wakil Ketua BPK, para Anggota BPK, Pejabat Pimpinan Tinggi (PPT) Madya, dan PPT Pratama di lingkungan BPK.

Auditor Utama Keuangan Negara II, Laode Nusriadi dalam sambutannya mengungkapkan bahwa tujuan penyelenggaraan workshop adalah untuk memperoleh arah dan kebijakan BPK dalam pelaksanaan pemeriksaan, khususnya pemeriksaan LKPP, LKKL, dan LKBUN Tahun 2021. Kegiatan ini diadakan untuk memutakhirkan pemahaman para pemeriksa mengenai standar dan kebijakan akuntansi terkini, perkembangan kebijakan pemerintah terkait pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara. Tujuan lainnya adalah memutakhirkan pemahaman para pemeriksa tentang metodologi pemeriksaan, manajemen pemeriksaan, serta pengembangan dan pemanfaatan hasil analytics pada portal BPK Big Data Analytics (BIDICS).

Pemeriksaan LKPP, LKKL, dan LKBUN merupakan pemeriksaan rutin yang dilakukan setiap tahun oleh BPK. Tantangan pelaksanaan pemeriksaan yang dihadapi pun berbeda setiap tahunnya. Hal tersebut disebabkan adanya perubahan dan dinamika di lingkungan internal maupun eksternal BPK. Para pemeriksa BPK diharapkan dapat berkoordinasi, bersinergi, dan berkolaborasi agar kualitas hasil pemeriksaan LKPP, LKKL, dan LKBUN dapat terus ditingkatkan. Hasil pemeriksaan juga harus memberikan dampak terhadap peningkatan kesejahteraan rakyat. Untuk itu pelaksanaan tugas pemeriksaan harus senantiasa menjaga dan menjunjung tinggi nilai-nilai dasar BPK.