Tingkatkan Kompetensi TI Pegawai melalui Diklat Pengelolaan Portal Satuan Kerja Berbasis Microsoft SharePoint

Adaptasi terhadap tatanan normal baru selama masa pandemi Covid-19 di lingkungan organisasi pemerintah salah satunya adalah penyesuaian sistem kerja, dukungan sumber daya manusia, dan dukungan infrastruktur. Salah satu infrastruktur penting dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di BPK adalah pengembangan dan penerapan teknologi informasi. Untuk meningkatkan kompetensi para pegawai, Badiklat PKN menyelenggarakan Diklat Teknis dengan tema Pengelolaan Portal Satuan Kerja Barbasis Microsoft SharePoint secara klasikal tatap muka di Laboratorium Komputer Badiklat PKN (31/1).

Diklat yang diikuti oleh 26 orang peserta yang berasal dari seluruh satuan kerja (satker) di Badiklat PKN ini memfokuskan pada penggunaan Microsoft SharePoint untuk pengelolaan portal. Platform ini dapat digunakan untuk menjalankan situs-situs web yang terdiri atas ruangan kerja dan dokumen yang digunakan secara bersama-sama. Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat, Juska Meidy Enyke Sjam mengungkapkan bahwa portal sangat penting bagi suatu satuan kerja untuk memfasilitasi penyimpanan data, berbagi informasi terkait tugas yang telah dilaksanakan, serta media komunikasi dan koordinasi tugas-tugas di BPK.

Pengajar diklat, Aris Irwanto dan Elyas Susanto Nugroho dari Biro Teknologi Informasi memaparkan tentang kemudahan akses Microsoft SharePoint melalui browser web, misalnya Chrome, Firefox, dan Microsoft Edge. Dengan Microsoft SharePoint, hak akses informasi atau dokumen dapat diatur dengan mudah. Saat ini, BPK pun menggunakan Microsoft SharePoint sebagai platform (portal) bagi satuan kerja dalam bekerja, berbagi, dan berkolaborasi. Setelah mengikuti diklat ini diharapkan para peserta mampu memahami komponen side content, side workflow, document library, hingga membuat akses berbagi. Untuk menguji pemahaman peserta mengenai pemaparan materi pada diklat ini dilaksanakan pre-test dan post-test pada awal dan akhir pelaksanaan diklat.