Penyerahan Sertifikat CSFA kepada Irwasum POLRI

Anggota I BPK Dr. Hendra Susanto, CSFA menyerahkan Sertifikat Profesi Pemeriksa Keuangan Negara – Certified State Finance Auditor (CSFA) kepada Inspektur Pengawasan Umum POLRI, Komjen. Pol. Drs. Agung Budi Maryoto, M.Si. secara langsung  pada Kamis (17/3) di Discovery Kartika Plaza Hotel, Kuta Bali.

Penyerahan sertifikat CSFA ini merupakan rangkaian dari kegiatan CSFA Recognition yang diawali dengan orasi ilmiah yang sebelumnya telah dilakukan oleh Agung Budi Maryoto mengenai tata kelola dan pertangggungjawaban keuangan negara pada 15 Maret 2022 di Markas Besar POLRI yang dihadiri oleh para pejabat di jajaran BPK dan POLRI.

“Dengan penyerahan sertifikat ini, diharapkan dapat meningkatkan sinergi antara BPK dan Polri dalam pengawasan dan pemeriksaan keuangan negara. Selain itu, melalui sertifikasi, BPK mendorong penguatan kapabilitas sumber daya pengawasan dan pemeriksaan,“ ungkap Anggota I BPK Dr. Hendra Susanto, CSFA dalam sambutan yang disampaikan dalam acara Rakerwas Itwasum POLRI Tahun 2022.

Penyelenggaraan sertifikasi profesi ini selain untuk menjamin kompetensi pemeriksa juga sebagai upaya untuk mencapai tujuan organisasi BPK sebagai lembaga negara yang bertugas memeriksa pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan negara, melakukan penguatan sistem bekerja dan kelembagaan, serta peningkatan kompetensi para pemeriksanya. Salah satu upayanya melalui penyelenggaraan sertifikasi bagi pemeriksa. Sebagai hasil dari kegiatan tersebut, saat ini BPK memiliki 310 pemegang sertifikat profesi di bidang pemeriksaan keuangan negara yang disebut CSFA.

Penyelenggaraan sertifikasi CSFA ini selain untuk pemeriksa BPK, juga ditujukan untuk pengawas internal pemerintah dan pemeriksa dari akuntan publik. Melalui pengawasan internal yang dilakukan oleh Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) diharapkan dapat semakin mendukung kegiatan pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK sebagai pemeriksa eksternal sehingga dapat mewujudkan sinergi dalam tata kelola keuangan negara yang akuntabel dan transparan.