Workshop Coaching Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2022

PNS diberikan mandat untuk mengemban fungsi sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa. Sebelum diangkat menjadi seorang PNS, seorang CPNS wajib mengikuti pelatihan dasar (latsar). Dalam sistem pembelajaran latsar CPNS pada kurikulum yang menekankan pada pembentukan karakter PNS, setiap peserta pelatihan dituntut untuk mampu mengaktualisasikan subtansi materi pembelajaran yang telah dipelajari melalui proses pembiasaan diri yang difasilitasi dalam pembelajaran agenda habituasi.

Dalam sistem pembelajaran pelatihan dasar (latsar) CPNS pada kurikulum yang menekankan pada pembentukan karakter PNS, setiap peserta pelatihan dituntut untuk mampu mengaktualisasikan subtansi materi pembelajaran yang telah dipelajari melalui proses pembiasaan diri yang difasilitasi dalam pembelajaran agenda habituasi khususnya pada mata pelatihan pembelajaran agenda kedudukan dan peran PNS dalam NKRI dan nilai-nilai dasar PNS yang telah dipelajari. Pada tahapan ini para CPNS (coachee) akan dibimbing oleh para coach yang akan membekali konsepsi dan tahapan-tahapan aktualisasi mulai penyusunan rancangan aktualisasi, pelaksanaan, hingga penyajian hasil aktualisasi yang disertai dengan bukti relevan melalui proses coaching.

Coaching diarahkan untuk memfasilitasi peserta agar mampu menyusun dan menyiapkan rancangan/laporan aktualisasi, membimbing selama pembelajaran aktualisasi di tempat kerja, serta memberikan umpan balik terhadap kualitas rancangan/laporan aktualisasi. Seorang “Coach” memegang peranan penting bagi keberhasilan coachee untuk melalui tahapan habituasi ini agar dapat menyelesaikannya dengan baik. Oleh karena itu Badiklat PKN menyelenggarakan kegiatan workshopCoaching Pelatihan Dasar CPNS Tahun 2022” pada Senin (4/4). Dilaksanakan secara daring, workshop ini dibuka oleh Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN, Juska Meidy Enyke Sjam. Workshop diikuti oleh 117 coach dari beberapa satuan kerja di BPK yang nantinya akan ditugaskan untuk melaksanakan sesi coaching kepada para peserta CPNS BPK sebanyak 1.406 peserta.

Penyelenggaraan workshop ini diharapkan dapat mendukung efektivitas peran para coach sehingga mampu memahami teknik coaching yang tepat serta dapat mengaktualisasikannya dalam sesi pembimbingan nanti.