INSPEKTUR JENDERAL TNI ANGKATAN LAUT TERIMA SERTIFIKAT CSFA

Inspektur Jenderal TNI Angkatan Laut (Irjenal) Laksamana Muda TNI Sunaryo, menerima sertifikat CSFA (Certified State Finance Auditor). Penyerahan sertifikat CSFA dilaksanakan secara langsung oleh Anggota I BPK/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara I, Hendra Susanto, usai penyampaian orasi makalah dengan tema “Peningkatan Kualitas Pengelolaan Anggaran di Lingkungan TNI Angkatan Laut melalui Optimalisasi Pengawasan Itjenal Bersinergi dengan BPK RI” di Gedung Neptunus Markas Besar TNI Angkatan Laut pada Jumat (8/4).

Orasi makalah tersebut akan menjadi sumbangan pemikiran yang dapat dikembangkan di BPK dan TNI Angkatan Laut dalam rangka memperkuat praktik, pengetahuan, dan teori terkait pemeriksaan dan pengelolaan keuangan negara, sebagaimana disampaikan oleh Plt. Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksa Keuangan Negara (Badiklat PKN), Gunarwanto, dalam laporan kegiatan penyelenggaraan acara.

Sertifikasi CSFA bagi Irjenal ini merupakan rangkaian kegiatan CSFA Recognition Program yang telah diselenggarakan oleh BPK. Program sertifikasi profesi pemeriksa keuangan negara ini dirancang oleh BPK tidak hanya untuk pemeriksa internal BPK saja, tetapi juga pemeriksa di luar BPK yang berperan dalam melakukan pemeriksaan keuangan negara seperti Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) dan pemeriksa Kantor Akuntan Publik (KAP).

Penyelenggaraan sertifikasi dilaksanakan secara sistematik oleh Badiklat PKN melalui serangkaian tahapan, didesain untuk memastikan bahwa orang yang telah lulus dan mendapat gelar CSFA adalah benar-benar kompeten di bidangnya. Dalam sambutannya, Anggota I menyampaikan bahwa  kemampuan pemeriksa didukung oleh tiga hal pokok yaitu pendidikan, pelatihan, dan pengalaman. Pendidikan saja tidak cukup sebagai bekal untuk menjadi seorang pemeriksa yang baik, masih dibutuhkan pelatihan yang berkelanjutan sepanjang usia kehidupan profesional dan juga dibutuhkan pengalaman yang tidak kalah penting. Sertifikasi ini merupakan salah satu bentuk pengakuan atas kompetensi yang dimiliki oleh pemeriksa tersebut.

“Acara Sertifikasi CSFA Recognition Program bagi Inspektur Jenderal TNI Angkatan Laut hari ini merupakan kegiatan yang penting karena menjadi salah satu tanda sinergi antara TNI Angkatan Laut dan BPK dalam melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan keuangan negara”, ujar Anggota I BPK.

Dengan diperolehnya gelar sertifikasi profesi ini, Laksamana Muda TNI Sunaryo menjadi pejabat pimpinan di lingkungan TNI Angkatan Laut pertama yang telah berhasil memperoleh sertifikasi profesi pemeriksa keuangan negara yang diselenggarakan oleh BPK. Harapannya dengan sertifikasi ini mampu mendorong penciptaan “akuntabilitas untuk semua” di lingkungan TNI Angkatan Laut. (En)