BADIKLAT PKN BPK SELENGGARAKAN SERTIFIKASI CSFA BAGI KEPALA STAF TNI ANGKATAN LAUT

Ketua BPK Dr. Agung Firman Sampurna, CSFA menyampaikan secara langsung Sertifikat CSFA (Certified State Fincance Auditor) kepada Kepala Staf Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL), Laksamana TNI Yudo Margono di Auditorium Denma  Markas Besar TNI AL, Jakarta Senin (11/4).

Penyerahan sertifikat dilaksanakan usai penyampaian orasi makalah dengan judul “Langkah Strategis untuk Mencapai Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Negara di Lingkungan TNI AL” yang diselenggarakan secara luring di hari yang sama. Adapun langkah-langkah strategis dimaksud yaitu pembenahan manajemen aset tetap, pembenahan penatausahaan persediaan, peningkatan kompetensi SDM, dan penguatan peran Inspektorat Jenderal TNI AL.

Melalui sertifikasi CSFA ini diharapkan pimpinan instansi atau lembaga dapat mendorong dan memimpin peningkatan akuntabilitas keuangan negara di entitasnya masing-masing sekaligus meningkatkan sinergi antara BPK dengan TNI AL dalam melakukan pengawasan dan pemeriksaan keuangan negara. “Upaya untuk meningkatkan tata kelola keuangan negara merupakan hal yang sangat penting. Oleh karena itu penganugerahan CSFA ini merupakan gambaran bahwa pimpinan entitas telah diberikan pengakuan atas kompetensi di bidang tata kelola keuangan negara”, ungkap Ketua BPK dalam sambutannya membuka pelaksanaan kegiatan CSFA.

Penyelenggaraan sertifikasi ini sejalan dengan Peraturan BPK No. 1 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Pelaksana Badan Pemeriksa Keuangan, dimana tugas untuk menyelenggarakan sertifikasi pemeriksa keuangan negara bagi pelaksana BPK dan pihak di luar BPK dilakukan oleh Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksa Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK. Dengan bertambahnya pemegang sertifikat CSFA ini diharapkan dapat semakin meningkatkan kapasitas dan kualitas tata kelola dalam pengelolaan keuangan negara sekaligus mendorong terciptanya accountability for all khususnya di lingkungan TNI AL.