Sosialisasi MOOC dan Ekosistem Pembelajaran BPK CorpU

“Belajar dimana saja, kapan saja dengan alat dan metode apa saja bagi seluruh insan BPK. Ini adalah slogan pembelajaran BPK CorpU,” ujar Kepala Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah, Ayub Amali saat memberikan sambutan dalam kegiatan Sosialisasi MOOC dan Ekosistem Pembelajaran BPK Corporate University (BPK CorpU) kepada para pemeriksa dan non pemeriksa di Aula Kantor Perwakilan BPK Provinsi Jawa Tengah (19/7).

Pengembangan strategi pembelajaran BPK CorpU dilakukan dengan menggunakan platform digital Massive Open Online Course (MOOC). Platform ini diharapkan akan menstimulasi terbentuknya budaya pembelajaran baru bagi organisasi. Pembelajaran baru ini diharapkan akan menciptakan sebuah pola dimana proses bekerja, belajar, dan berbagi menjadi satu kesatuan dalam proses pencapaian visi dan misi BPK. Pelaksanaan sosialisasi ini merupakan sarana implementasi prinsip-prinsip dasar “partisipasi” dalam konsepsi BPK CorpU. Untuk mewujudkannya, maka pengembangan dan pengisian konten dalam platform digital MOOC BPK CorpU harus melibatkan semua insan BPK.

Kepala Pusat Akademik dan Teknologi Pembelajaran, Dwi Setiawan Susanto menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi ini merupakan sosialisasi BPK CorpU perdana dilaksanakan oleh Badiklat PKN di satuan kerja. BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah yang memiliki 274 orang pegawai, diharapkan akan memberikan kontribusi besar dalam pengisian beragam konten pembelajaran dengan tema pemeriksaan maupun non pemeriksaan.

Kegiatan sosialisasi diawali dengan aktivitas pengisian jajak pendapat (polling) tentang gaya pembelajaran para pegawai di lingkungan BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah. Hasil jajak pendapat atas 200 orang peserta sosialisasi yang hadir menunjukkan bahwa gaya belajar yang diminati oleh pegawai adalah dengan metode mendengar dan melihat. Jajak pendapat ini dilakukan untuk mendapatkan gambaran umum atas pola pembelajaran paling efektif sesuai kebutuhan para pegawai.

Selanjutnya para pegawai mendapatkan informasi tentang fitur-fitur pembelajaran yang terdapat di bpkcorpu.bpk.go.id dari Kepala Bidang Teknologi Pembelajaran, M. Yusuf John. Fitur-fitur yang diperkenalkan antara lain adalah knowledge center, course, dan community of practice. Para peserta diperkenalkan dengan contoh pola-pola pembelajaran secara mandiri melalui media video pembelajaran, video inspirasi, game interaktif, diskusi dengan para expert, dan podcast dengan narasumber dari internal maupun eksternal BPK.

Rangkaian sosialisasi juga diwujudkan dengan pembuatan konten pembelajaran dalam format rekaman podcast, liputan, dan microteaching dengan tema pemeriksaan dan non pemeriksaan. Kegiatan ini merupakan kolaborasi antara para pejabat struktural, pemeriksa, dan pegawai penunjang pendukung dengan Bidang Teknologi Pembelajaran.

Naskah: Tim Tekjar

Foto: Tim Tekjar, BPK Perwakilan Provinsi Jawa Tengah