Badiklat PKN Melakukan Kunjungan Pembelajaran ke Telkom University

Bandung, Badiklat PKN – “Telkom University membangun ruang belajar digital bagi 31.000 mahasiswanya,” ungkap Wakil Rektor I Bidang Akademik Telkom University, Dr. Dadan Rahadian, S.T., M.T. saat menyambut kehadiran Kepala Badan Diklat PKN, Suwarni Dyah Setyaningsih di Gedung Pasca Sarjana, Buah Batu, Bandung pada Kamis (4/8).

Badan Diklat PKN melakukan kunjungan pembelajaran ke Telkom University dalam rangka pengembangan platform BPK Corporate University (BPK CorpU). Kepala Badiklat PKN menyampaikan bahwa tujuan kunjungan pembelajaran ini adalah untuk memperoleh referensi tentang konsep pengelolaan teknologi pembelajaran, pengelolaan media, serta metode pembelajaran yang inovatif dan informatif.

Pengembangan pembelajaran secara daring/online telah dimulai oleh Telkom University sejak 2018. Ketika memasuki masa pandemi Covid-19, metode pembelajaran berbasis e-learning menjadi sarana tulang punggung dalam proses penyampaian materi dari para pengajar. Inovasi yang dilakukan dalam pembelajaran lainnya adalah menciptakan konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Metode ini memberikan hak kepada para mahasiswa untuk melakukan proses belajar di luar kampus selama tiga semester.

Untuk meningkatkan kualitas pembelajarannya, Telkom University mengembangkan CeLOE (Center for e-Learning and Open Education). CeLOE Learning Management System (LMS) merupakan platform pembelajaran daring (online learning) bagi program studi reguler dan program studi pendidikan jarak jauh di Telkom University. Program ini merupakan sebuah transformasi pendidikan dengan mengutamakan pemanfaatan teknologi informasi. Ada tiga poin utama yang menjadi inti program yaitu learner excellence (perubahan pembelajaran sesuai kebutuhan pembelajaran), teacher excellence (perubahan penyampaian metode pembelajaran), dan institutional excellence (perubahan perencanaan pendidikan).

Standar konten pembelajaran CeLOE adalah panduan pembelajaran, video pembelajaran (berdurasi 5 – 10 menit), lectures notes, pop quiz, forum diskusi, quiz review, external link, dan tugas-tugas. CeLOE mendampingi para pengajar untuk menghasilkan video pembelajaran dimulai dari tahap penyusunan skrip, pengambilan gambar hingga proses editing dan finalisasi.

Pada kesempatan ini Badiklat PKN juga melakukan kunjungan ke studio produksi dan melihat secara langsung proses editing video pembelajaran. Kegiatan ini diikuti oleh para pejabat struktural di Badiklat PKN dan Biro Teknologi Informasi BPK.