Delegasi ANAO Berbagi Pengalaman Kepemimpinan kepada Para Peserta Pelatihan JFPAP

Badiklat PKN kembali menyelenggarakan kegiatan sharing session kepada para peserta Pelatihan Jabatan Fungsional Pemeriksa Ahli Pertama (JFPAP) Angkatan I Tahun 2022 secara hybrid melalui zoom meeting dan hadir fisik di Auditorium Badiklat PKN, Jumat (2/9). Hadir sebagai narasumber dalam kegiatan ini Senior Management dari Australian National Audit Office (ANAO) Ms. Jane Meade, Group Executive Director Professional Services and Relationship ANAO dan Mr. Kristian Gage, Senior Advisor ANAO, yang memaparkan tema mengenai “The Journey to Leadership”.

Mengawali paparannya para narasumber menyampaikan secara singkat mengenai latar belakang serta awal mula karier mereka hingga kemudian bergabung di ANAO. Dalam kesempatan ini narasumber menyampaikan tips mengenai pentingnya bagi seorang yang baru berkarier menetapkan tujuan hidup (goals), membangun hubungan yang memberikan nilai positif bersama orang-orang yang tepat (people) serta belajar dari kesalahan dalam menempa ketangguhan diri (resilience).  Terakhir, merefleksikan seluruh pengalaman hidup dan mengevaluasi untuk perbaikan diri ke depan (reflection). Tips yang diberikan tersebut akhirnya menumbuhkan jiwa kepemimpinan dalam diri kita, yang tidak hanya berguna bagi diri sendiri tetapi juga bagi organisasi.

“Pemimpin adalah orang yang dapat membantu kita untuk bangkit kembali’’. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk memiliki ketahanan atau ketangguhan dalam menghadapi berbagai tantangan yang muncul dalam menjalankan tugas. Ketahanan ini perlu dimiliki oleh setiap individu, mengingat dalam menjalani karier berbagai kondisi sulit dan berat mungkin dihadapi. Dengan ketahanan diri yang baik diharapkan kita mampu segera bangkit dari berbagai kondisi tersebut sekaligus dapat membangun ketahanan orang-orang yang ada di sekitar kita.

Hal menarik lainnya yang disampaikan Ms. Jane adalah agar kita terus belajar. Kita dapat mempelajari berbagai hal dari orang sekitar atau dari kesalahan yang diperbuat. ”Jika kita melakukan kesalahan, jangan ingat kesalahannya namun ingat pelajaran apa yang dapat kita petik dari kesalahan tersebut’’.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam Bahasa Inggris dan dibuka oleh Kepala Pusat Akademik dan Teknologi Pembelajaran, Dwi Setiawan Susanto serta dimoderatori oleh Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN, Dali Mulkana, diikuti secara antusias oleh seluruh peserta. Hal tersebut terlihat dari banyaknya peserta yang mengajukan pertanyaan dalam sesi tanya jawab. Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta Pelatihan JFPAP dapat mengambil banyak pelajaran dari para narasumber, khususnya untuk mempersiapkan diri menjadi pemeriksa yang memiliki jiwa kepemimpinan, berkualitas, dan profesional.