Badiklat PKN Lakukan Kunjungan ke Universitas Terbuka: Benchmarking LMS dan MOOCs

Dalam rangka pengembangan BPK Corporate University (BPK CorpU), Badiklat PKN melakukan kunjungan pembelajaran (benchmark) ke Universitas Terbuka (UT) di Pamulang, Tangerang Selatan pada Senin (26/9).

Agenda benchmark ini adalah untuk mendapatkan pengayaan dan wawasan tentang pembangunan, pengembangan, dan pengelolaan Learning Management Systems (LMS) dan Massive Open Online Courses (MOOCs) di Universitas Terbuka. Kunjungan yang dipimpin oleh Kepala Pusat Akademik dan Teknologi Pembelajaran, Dwi Setiawan Susanto juga diikuti para Kepala Pusat Badiklat PKN serta Kepala Biro SDM, Kepala Biro TI, pejabat struktural Ditama Revbang, dan pejabat struktural BPK lainnya.

Sebagai perguruan tinggi yang menerapkan proses pembelajaran terbuka dan jarak jauh, UT mendapatkan amanah untuk memasyarakatkan online learning kepada seluruh perguruan tinggi termasuk kementerian, ungkap Wakil Rektor IV Universitas Terbuka (UT), Rahmat Budiman saat menyambut kehadiran Badiklat PKN di Wisma UT bersama Wakil Rektor II, Ali Muktiyanto.

Untuk mendukung pembelajaran jarak jauh, UT telah mengembangkan dan mengimplementasikan aplikasi LMS dan MOOCs sebagai platform pembelajaran tidak hanya bagi para mahasiswa namun juga masyarakat luas. Hal ini sebagai bentuk komitmen UT untuk dapat menyediakan akses pendidikan dimanapun mereka berada dan mewujudkan budaya masyarakat belajar sepanjang hayat (lifelong learning).

Pada kegiatan kali ini, Badiklat PKN juga berkesempatan untuk melakukan kunjungan ke ruang produksi digital serta berbagai fasilitas pembelajaran yang terdapat di Pusat Pengelolaan Bahan Ajar (Puslaba) dan Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2). Melalui benchmark ini diharapkan dapat semakin memperluas wawasan terkait konsep dan metode pembelajaran yang diimplementasikan di UT sekaligus dapat menjalin hubungan baik antar instansi yang dapat ditindaklanjuti dengan berbagai bentuk kerja sama terkait pembelajaran.