Sharing Session Tacit Knowledge Peserta Pelatihan JFPAP bersama Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III BPK RI

Achsanul Qosasi, Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)/Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara III menyampaikan sharing pengalaman tacit knowledge kepada peserta pelatihan Jabatan Fungsional Pemeriksa Ahli Pertama (JFPAP) tahun 2022 di Auditorium Kantor Pusat BPK, Jakarta, Jumat (21/10). Dalam kegiatan yang dikuti oleh 1.296 peserta JFPAP baik secara luring maupun daring, ada beberapa hal penting terkait pemeriksaan yang disampaikan oleh Anggota III BPK berdasarkan pengalaman yang dimilikinya.

Anggota III BPK menyampaikan bahwa pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK harus memberikan manfaat bagi negara. “Pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK harus memberi manfaat bagi negara, tidak hanya menemukan dan memberitahukan kesalahan, tetapi harus ditindaklanjuti dengan memberitahukan bagaimana kondisi yang seharusnya, lalu berikan solusi”, jelas Anggota III BPK.

 

Hal lainnya yang disampaikan oleh Anggota III BPK yaitu pentingnya menjunjung nilai-nilai dasar yang menjadi pondasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab BPK. Nilai-nilai dasar yang harus dipegang teguh oleh seluruh insan BPK tersebut adalah independensi, integritas, dan profesionalisme.

Sebagai Pimpinan BPK yang sekaligus merangkap menjadi Ketua Majelis Kehormatan dan Kode Etik (MKKE) BPK, Anggota III BPK juga menjelaskan mengenai fungsi dan tugas MKKE BPK. Anggota III BPK menyampaikan bahwa MKKE mempunyai fungsi menegakkan kode etik dengan tugas melakukan pemeriksaan atas dugaan pelanggaran kode etik yang dilakukan oleh Anggota BPK dan pemeriksa.

Turut hadir dalam acara sharing session ini yaitu Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN), Suwarni Dyah Setyaningsih, Auditor Utama Keuangan Negara III, Ahmad Adib Susilo, para pejabat pimpinan tinggi pratama, para pejabat struktural, dan pejabat fungsional di lingkungan Badiklat PKN dan Auditorat Utama Keuangan Negara III.

Kepala Badiklat PKN menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kesempatan berharga bagi para peserta pelatihan JFPAP untuk mendapatkan arahan, motivasi, sharing pengetahuan dan pengalaman serta inspirasi dari Pimpinan BPK secara langsung. Melalui acara sharing session ini, diharapkan para peserta dapat memanfaatkan kesempatan berharga untuk bertanya, menggali informasi dan pengalaman dari Pimpinan BPK sehingga mampu mengambil inspirasi yang nantinya dapat diterapkan ketika bekerja di BPK untuk mewujudkan pemeriksa BPK yang tangguh dan tepercaya.