Sharing Session Tacit Knowledge dengan Kepala Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara

Kepala Direktorat Utama Pembinaan dan Pengembangan Hukum Pemeriksaan Keuangan Negara (Kaditama Binbangkum), Akhmad Anang Hernady menjadi narasumber dalam kegiatan Sharing Session Tacit Knowledge yang diselenggarakan secara daring kepada para peserta pelatihan JFPAP Tahun 2022, Jumat (28/10).

Ditama Binbangkum sebagai salah satu unsur pelaksana tugas BPK yang bertanggung jawab kepada BPK, memiliki tugas dan fungsi untuk memberikan konsultasi hukum, bantuan hukum kepada Anggota BPK atau pegawai pada pelaksana BPK, pelayanan informasi hukum, melaksanakan tugas legislasi, penelitian dan pengembangan hukum, serta tugas kepaniteraan dalam penyelesaian kerugian negara atau daerah.

 

Pada kesempatan kali ini, Kaditama Binbangkum juga menyampaikan mengenai kedudukan BPK sebagai Lembaga negara yang melakukan pemeriksaan, pengelolaan, dan tanggung jawab keuangan negara memiliki tugas dan wewenang yang peraturannya ditetapkan dengan Undang-undang. Diantara tugas dan wewenang tersebut, BPK juga berperan dalam mendukung penegakan hukum, menilai/ menetapkan jumlah kerugian negara, memberikan pendapat, memberikan pertimbangan terhadap penyelesaian kerugian negara/ daerah, melakukan pemantauan tindak lanjut hasil pemeriksaan, hingga pemantauan penyelesaian ganti rugi keuangan negara/ daerah.

Selain menjelaskan mengenai tusi dalam organisasi, lebih lanjut Kaditama Binbangkum juga menjelaskan mengenai peran dan hubungan Ditama Binbangkum dengan satker lainnya yang berada di kantor pusat maupun perwakilan BPK.

Dalam kesempatan ini disampaikan pula mengenai inovasi yang telah dilakukan oleh Ditama Binbangkum seperti konsultasi hukum online, Pengembangan Sistem Informasi Majelis Tuntutan Perbendaharaan (SIMTP), pengelolaan website yang berisi database peraturan yang dapat di akases oleh pelaksana maupun masyarakat luas, hingga prestasi yang diraih dalam pengelolaan Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Nasional terbaik tingkat Lembaga negara.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat, Dali Mulkana diikuti secara antusias oleh seluruh peserta. Melalui kegiatan ini diharapkan para peserta dapat mengambil nilai-nilai dan inspirasi yang kelak dapat diterapkan Ketika bekerja di BPK.