Wakil Ketua BPK Dorong Transformasi Digital pada Badiklat PKN

Wakil Ketua BPK, Agus Joko Pramono, hadir memberikan pengarahan kepada seluruh pegawai di Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) di Auditorium Badiklat PKN, Kalibata, Jumat (18/11). Pengarahan ini merupakan agenda utama dari kegiatan Rapat Koordinasi Badiklat PKN yang diselenggarakan selama dua hari pada Jumat 18 November hingga Sabtu 19 November 2022.

Wakil Ketua BPK menyampaikan bahwa Badiklat PKN merupakan salah satu satuan kerja yang memiliki peran penting bagi pengembangan masa depan BPK. Respon Badiklat PKN terhadap berbagai perubahan proses bisnis dan teknologi informasi merupakan hal yang sangat penting, salah satunya dengan melakukan percepatan transformasi pembelajaran digital dan penyempurnaan proses bisnis di Badiklat PKN.

“Transformasi Digital di Badiklat PKN ini adalah hal yang esensial”, ungkap Wakil Ketua BPK,  sehingga diperlukan langkah pengembangan untuk mendukung perwujudannya diantaranya dengan pembangunan sistem teknologi kediklatan secara integratif agar saling terkoneksi dengan sistem lain di BPK yang nantinya akan memudahkan para pengguna.

Langkah pengembangan selanjutnya dalam arahan Wakil Ketua BPK yaitu membuat kajian teoritis tentang bagaimana menjadi lembaga kediklatan dengan mengacu pada praktik terbaik yang relevan dengan kondisi saat ini. Dan langkah yang tidak kalah penting yaitu internalisasi nilai-nilai dasar BPK dalam pelaksanaan diklat.

Kegiatan Rakor Badiklat yang diikuti oleh 232 orang pegawai ini mengambil tema “BPK Corpu untuk pembelajaran yang lebih maju”. Rakor ini di dahului oleh kegiatan pra rakor yang dilaksanakan selama tiga hari, yaitu tanggal 15 s.d 17 November 2022. Kegiatan pra rakor membahas berbagai langkah startegis pelaksanaan tugas pokok dan fungsi Badiklat PKN kedepannya sekaligus rekomendasi-rekomendasi implementasi BPK Corpu.

Usai pengarahan oleh Wakil Ketua BPK, acara Rakor kemudian dilanjutkan dengan knowledge sharing penerapan Transformasi Pembelajaran Digital dengan narasumber Rahmat Budiman, Wakil Rektor IV Universitas Terbuka.

Melalui kegiatan Rakor Badiklat PKN Tahun 2022 ini, harapanya akan semakin memperkuat sinergi dan kolaborasi antar pegawai Badiklat PKN dan satuan kerja lain di BPK, bersama mewujudkan visi BPK Corpu untuk menjadi corporate university kelas dunia melalui pendidikan dan pengembangan pemeriksa keuangan negara.