Badiklat PKN Selenggarakan Pelatihan Pemeriksaan Investigatif Bagi APIP di Lingkungan TNI AL

Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) merupakan fungsi manajemen yang penting dalam penyelenggaraan pemerintahan tak terkecuali dalam lingkungan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL).

Pengawasan intern atas penyelenggaraan pemerintahan diperlukan untuk mendorong terwujudnya good governance dan clean government serta untuk mendukung penyelenggaraan pemerintahan yang efektif, efisien, transparan, akuntabel serta bersih dan bebas dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

Melalui pengawasan intern dapat diketahui apakah suatu instansi pemerintah telah melaksanakan kegiatan sesuai tugas dan fungsinya secara efektif dan efisien serta sesuai rencana kebijakan yang telah ditetapkan.

Untuk dapat mewujudkan hal tersebut, Badiklat PKN BPK Bersama TNI AL menyelenggarakan Pelatihan Pemeriksaan Investigatif bagi APIP di lingkungan TNI AL yang dibuka secara langsung pelaksanaannya oleh Kepala Badan Diklat PKN, Suwarni Dyah Setyaningsih di Badiklat PKN, Senin (21/11).

Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan selama 4 (empat) hari 21 s.d 24 November 2022, di ikuti oleh APIP di lingkungan TNI AL. Turut hadir dalam kegiatan ini Inspektur Jenderal TNI AL, Laksamana Muda TNI Sunaryo dan Auditor Utama Keuangan Negara I, Akhsanul Khaq.

Melalui pelatihan ini diharapkan para peserta mampu untuk memahami dan menerapkan prosedur pemeriksaan investigatif, mengaplikasikan teknik pengumpulan, analisis dan evaluasi bukti, menerapkan teknik wawancara investigatif, hingga memahami pelaporan hasil pemeriksaan Investigatif. Pelatihan ini sekaligus akan menambah wawasan para APIP di lingkungan TNI AL sehingga memiliki integritas dan dapat melakukan tugas secara independen dan profesional.