Badiklat PKN Selenggarakan Pelatihan Executive “Sistem Informasi Pemeriksaan dan Big Data Analytics”

Badiklat PKN menggelar kegiatan Pelatihan Sistem Informasi Pemeriksaan dan Big Data Analytics bagi para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama pada Auditorat Utama Keuangan Negara (AKN) V dan VI di Auditorium Badiklat PKN, Kalibata, Jumat (10/2). Pelatihan dilaksanakan secara tatap muka langsung dengan dibuka dan disambut oleh Kepala Badiklat PKN, Suwarni Dyah Setyaningsih.

Dalam sambutannya, Kepala Badiklat PKN menyampaikan bahwa Badiklat PKN berperan aktif dalam mengawal pelaksanaan renstra BPK tahun 2020-2024 dalam mewujudkan pusat unggulan pendidikan dan pelatihan keuangan negara.

Perwujudan tersebut salah satunya adalah penerapan sistem pembelajaran BPK Corporate University (BPK CorpU), yang mana kesuksesan pengembangan sistem pembelajarannya melibatkan seluruh unsur organisasi di BPK. “Dengan diadakan diklat ini diharapkan peserta mendapatkan pemahaman secara komprehensif, mampu menggunakan BIDICS (BPK Big Data Analytics) dan SIAP (Standardized and Integrated Audit Process) secara optimal”, ungkapnya.

Mengawali acara pelatihan, Auditor Utama (Tortama) Keuangan Negara V, Slamet Kurniawan, dan Kepala Auditorat Pengelolaan Pemeriksaan (APP) Keuangan Negara VI, Dwi Sabardiana, memberikan pengarahan kepada para peserta. Dalam pengarahannya, Tortama V menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya acara dan berharap pelatihan ini dapat memberi manfaat, memacu pengembangan aplikasi SIAP BPK ke depan, menjadi aplikasi utama pemeriksaan.

Dwi Sabardiana, mewakili Tortama Keuangan Negara VI, menambahkan terkait pentingnya penggunaan sistem teknologi informasi dalam mendukung pelaksanaan kegiatan pemeriksaan di BPK. AKN VI berkomitmen untuk merancang usulan perubahan, dalam rangka mendukung penyempurnaan sistem informasi pemeriksaan di BPK. “Semoga pelatihan hari ini bermanfaat, mendukung kinerja untuk  menghasilkan pemeriksaan yang berkualitas”, imbuh Kepala APP AKN VI.

Pelatihan ini dihadiri oleh  Kepala Biro Teknologi Informasi BPK  sebagai fasilator utama, Pranoto, Para Kepala Perwakilan dan Kepala Auditorat di lingkungan AKN V dan VI BPK, Para Kepala Pusat dan Manajemen di Badiklat PKN, para Pendamping Pelatihan dari Biro TI BPK dan Para Widyaiswara di BPK. (E)