Badiklat PKN Selenggarakan Pelatihan Pemeriksaan Pendapatan Daerah dan Pemeriksaan BUMD bagi Inspektorat Kota Balikpapan

Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN, Dali Mulkana, membuka kegiatan Pelatihan Pemeriksaan Pendapatan Daerah dan Pemeriksaan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bagi Inspektorat Kota Balikpapan yang di selenggarakan secara klasikal (tatap muka) di Badiklat PKN, Senin (13/3). Pelatihan ini diikuti sebanyak 21 peserta dan diselenggarakan selama lima hari mulai Tanggal 13 s.d. 17 Maret 2023.

Inspektorat daerah merupakan unsur pengawas pemerintahan daerah yang memiliki tugas dan fungsi melakukan pengawasan dan pembinaan pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah. Salah satu tugas yang dilakukan adalah, melakukan pemeriksaan pada pendapatan daerah dan BUMD.

Untuk dapat mendukung pelaksanaan tugas tersebut, para pemeriksa di lingkungan Inspektorat perlu dibekali dengan pengetahuan mengenai prosedur hingga berbagai contoh studi kasus terkait pemeriksaan pendapatan daerah serta pemeriksaan BUMD sehingga mampu memahami prosedur pemeriksaan yang baik dan menghasilkan pemeriksaan yang memberikan manfaat.

Turut hadir dalam kegiatan pelatihan ini, Inspektur Pembantu Inspektorat kota Balikpapan, Tommy Alfianto. Beliau mengungkapkan apresiasi kepada Badiklat PKN atas kesempatan yang diberikan untuk menggali ilmu terkait pemeriksaan pendapatan daerah dan pemeriksaan BUMD. Beliau juga mengungkapkan bahwa dipilihnya pelatihan ini selain untuk menambah wawasan para pemeriksa juga untuk menghadapi kendala yang dihadapi oleh pemeriksa di Inspektorat Balikpapan dalam melakukan pemeriksaan, khususnya terkait prosedur dan peraturan dalam pemeriksaan.

Hadir sebagai fasilitator dalam pelatihan ini, Widyaiswara Muda dan Madya Badiklat PKN, Galih Handrawan  dan Nila Eka Putri. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menjadi bekal sekaligus dapat meningkatkan kompetensi, pengetahuan, keterampilan, dan kapabilitas para pemeriksa dalam melakukan pemeriksaan Pendapatan Daerah dan Pemeriksaan BUMD khususnya di wilayah Inspektorat Balikpapan.