Badiklat PKN Selenggarakan Pelatihan Analisis Proses Bisnis Bagi Pegawai di Lingkungan Direktorat Jenderal Anggaran

Badiklat PKN menyelenggarakan Pelatihan Analisis Proses Bisnis bagi pegawai di lingkungan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) yang di selenggarakan secara klasikal (tatap muka) di Badiklat PKN, Selasa (14/3). Kegiatan pelatihan ini di buka secara langsung oleh Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN, Dali Mulkana.

Proses bisnis dalam setiap organisasi mempunyai karakteristik yang berbeda. Untuk dapat memahami proses bisnis dalam suatu organisasi/ entitas, dibutuhkan pengetahuan dan keterampilan dalam melakukan identifikasi dan analisa proses bisnis bagi organisasi. Dengan memahami proses bisnis dalam suatu organisasi, selain dapat mengevaluasi efektivitas dan efisiensi proses bisnis, hal ini juga membantu para pemeriksa dalam menemukan risiko dan hambatan dalam proses bisnis, sehingga dapat menentukan rekomendasi yang tepat bagi kemajuan organisasi.

Untuk dapat mendukung pelaksanaan tugas tersebut, DJA bersama dengan Badiklat PKN menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini, guna menambah pengetahuan dan pemahaman para pegawai dalam hal analisis proses bisnis, mulai dari menganalisis hingga mengaplikasikan konsep bisnis yang disampaikan oleh para fasilitator melalui ceramah, studi kasus, hingga diskusi antar peserta diklat.

Kegiatan pelatihan yang di ikuti sebanyak 21 pegawai dari lingkungan DJA ini, di fasilitatori oleh Widyaiswara Badiklat, R. Bramantyo dan Iwan Novarian. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat memberikan tambahan pengetahuan mengenai proses bisnis organisasi dan peraturannya, serta dapat menjelaskan perbedaan yang terjadi antara praktik di lapangan dengan yang seharusnya, sehingga kelak dapat memberikan rekomdasi atas perbaikan proses bisnis organisasi.