Pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS D-III STAN

Sebanyak 100 orang Calon Pegawai Negeri SIpil (CPNS) BPK mengikuti kegiatan Pembukaan Pelatihan Dasar (Latsar) CPNS Golongan II sekaligus Pengarahan oleh Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Pemeriksaan Keuangan Negara (Badiklat PKN) BPK RI, Suwarni Dyah Setyaningsih, secara virtual pada Selasa (14/3). Kegiatan pembukaan dan pengarahan ini merupakan rangkaian awal Latsar CPNS bagi para CPNS BPK penerimaan Tahun 2023 Formasi D-III STAN.

Dalam arahannya, Kepala Badiklat PKN BPK RI menyampaikan bahwa BPK merupakan satu-satunya lembaga negara yang diberi mandat untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara secara bebas dan mandiri. Untuk mengemban tugas tersebut Kepala Badiklat PKN BPK RI juga menyampaikan peran penting tiga nilai dasar yang harus dijunjung tinggi oleh insan BPK yaitu Integritas, Independensi, dan Profesionalisme.

“Selamat mengikuti pelatihan dasar CPNS, semoga lulus dengan nilai yang baik. Usai pelatihan ini semoga mampu menunjukkan sikap perilaku yang baik, memiliki kompetensi bidang tugas yang memadai agar BPK dapat terus berkembang, semakin memenuhi harapan publik serta dapat menjawab tantangan global, menunjukkan kesungguhan dan tekad yang kuat untuk menjadi PNS di BPK”, ujar Kepala Badiklat PKN BPK RI kepada para peserta.

Latsar CPNS ini dilaksanakan mulai dari 14 Maret 2023 hingga 4 Agustus 2023. Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN, Dali Mulkana, dalam laporan penyelenggaraan pelatihan. Pelatihan diawali dengan orientasi ke-BPK-an dengan metode self learning pada 15 hingga 24 Maret 2023, dilanjutkan dengan pelatihan dasar CPNS dengan metode MOOC, E-learning serta klasikal pada 27 Maret hingga 4 Agustus 2023.

Kurikulum yang diajarkan selama pelatihan yaitu pembentukan karakter PNS yang terdiri dari agenda sikap dan perilaku bela negara, nilai-nilai dasar PNS, kedudukan dan peran PNS dalam NKRI, dan habituasi serta kurikulum pelatihan penguatan kompetensi teknis bidang tugas yang terdiri dari kompetensi teknis umum/administrasi dan substantif.

Pada kesempatan ini, para peserta juga mendapatkan pengarahan program pelatihan penyelenggaraan latsar oleh  Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN, Dali Mulkana, pengarahan kurikulum dan agenda pelatihan oleh Kepala Pusat Akademik dan Teknologi Pembelajaran, Dwi Setiawan Susanto, dan pengarahan evaluasi oleh Kepala Pusat Sertifikasi dan Pengembangan Diklat PKN, Satrio Hari Nugroho.

 

Harapan atas penyelenggaraan latsar ini yaitu mewujudkan Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang professional, berkarakter berlandaskan pada nilai-nilai dasar ASN yaitu Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, dan Kolaboratif (BerAKHLAK) dalam melaksanakan tugas dan jabatannya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik dan perekat serta pemersatu bangsa (E).