Badiklat PKN BPK Selenggarakan Pelatihan Pemeriksaan Kinerja Bagi Pegawai di Lingkungan PT PLN

Badiklat PKN BPK menyelenggarakan Pelatihan Pemeriksaan Kinerja Bagi Pegawai di Lingkungan PT PLN yang di selenggarakan secara klasikal (tatap muka) di Badiklat PKN BPK, Selasa (2/5). Kegiatan pelatihan ini dibuka secara langsung oleh Kepala Pusat Perencanaan dan Penyelenggaraan Diklat PKN, Dali Mulkana.

PT PLN sebagai perusahaan penyedia listrik di Indonesia memiliki perananan yang sangat penting. Untuk dapat berkontribusi bagi kemajuan bangsa. PT PLN terus melakukan strategi dan beradaptasi guna memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Dalam melaksanakan tugas tersebut, diperlukan suatu unit pengawasan untuk mengawasi dan mengevaluasi efektifitas dan efisiensi program kerja yang tengah di jalankan.

Satuan Pengawasan Internal (SPI) PT PLN merupakan badan audit intern yang bertugas untuk memastikan sistem dalam organisasi berjalan dengan efektif dan efisien, serta meminimalkan segala bentuk kecuangan dan penyelewangan yang terjadi dalam organisasi. SPI bertanggung jawab untuk memimpin, menyusun rencana, melaksanakan, mengevaluasi, dan melakukan pembinaan. Fungsi SPI yang tidak terbatas hanya pada fungsi audit internal, audit khusus dan kegiatan konsultasi, tetapi juga melakukan pemeriksaan di bidang lainnya seperti pengendalian, operasional, hingga pemeriksaan kinerja.

Untuk dapat mendukung pelaksanaan tugas dan pemenuhan kompetensi tersebut, PT PLN bersama dengan Badiklat PKN BPK menyelenggarakan kegiatan pelatihan ini yang disampaikan oleh para fasilitator melalui ceramah, studi kasus, hingga diskusi antar peserta diklat. Melalui pemeriksaan kinerja selain dapat memberikan arah kepada perbaikan pengelolaan organisasi, juga mampu menghasilkan perbaikan kinerja sehingga dapat bekerja secara efektif, efisien dan ekonomis. Kegiatan pelatihan yang diselenggarakan selama empat hari pada Tanggal 2 s.d. 5 Mei 2023. Pelatihan ini difasilitatori oleh Bramantyo dan Iwan Novarian, Widyaiswara pada Badiklat PKN BPK.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala SPI PT PLN, Sulistyo Biantoro. Beliau meyampaikan apresiasi kepada Badiklat PKN BPK atas kesempatan yang diberikan untuk menggali ilmu terkait pemeriksaan kinerja. Melalui pelatihan ini diharapkan dapat menjadi bekal sekaligus meningkatkan pengetahuan, keterampilan, kualitas, kompetensi, dan kapabilitas para pegawai di lingkungan PT PLN dalam melakukan pemeriksaan kinerja.