Badiklat PKN BPK Melalui Balai Diklat Yogyakarta Menyelenggarakan Pelatihan Pengembangan Proses Audit dan Penyusunan Laporan Hasil Audit Secara Efektif bagi Auditor Internal Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

OJK dibentuk dengan tujuan untuk mewujudkan terselenggaranya seluruh kegiatan di dalam sektor jasa keuangan secara teratur, adil, transparan, dan akuntabel, mewujudkan sistem keuangan yang tumbuh secara berkelanjutan dan stabil, dan melindungi kepentingan konsumen dan masyarakat. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, Bidang Audit Internal, Manajemen Risiko, dan Pengendalian Kualitas (ARK) turut terlibat dalam upaya memperkuat mekanisme kerja dan efektivitas proses bisnis di OJK melalui proses assurance yang lebih efektif dan efisien.

 

Sehingga, kemampuan teknis auditor dalam melaksanakan assurance sangat dibutuhkan. Adapun kemampuan yang dibutuhkan oleh auditor mencakup kemampuan dalam melakukan observasi atas kelemahan proses bisnis, menyusun laporan yang memenuhi standar profesional, mendorong tindak lanjut dari seluruh satuan kerja, serta teknik penyampaian temuan dan rekomendasi audit yang dapat memenuhi kebutuhan stakeholders.

“Terima kasih atas kepercayaan OJK pada Badan Diklat PKN untuk menyelenggarakan pelatihan ini, Sinergi antara OJK dan Badiklat PKN BPK dapat terus terlaksana dengan baik kedepannya serta memberikan dampak positif dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia pada masing-masing instansi”, ungkap Kepala Badiklat PKN, Suwarni Dyah Setyaningsih, saat memberikan sambutan pada pembukaan Pelatihan Pengembangan Proses Audit dan Penyusunan Laporan Hasil Audit Secara Efektif bagi Auditor Internal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), di Balai Diklat PKN Yogyakarta, Senin (22/5).

Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas pegawai ARK untuk menghasilkan opini audit yang relevan dan andal melalui proses audit internal yang efektif serta mengikuti tren perkembangan terkini mengenai tata cara pelaksanaan audit yang berlaku secara internasional dan memberikan pembekalan teknis pelaksanaan audit untuk pegawai baru di OJK.

Ketua Dewan Audit merangkap Anggota Dewan Komisioner OJK, Ibu Sophia Issabella Watimena, beserta jajarannya turut hadir dalam kegiatan pembukaan pelatihan tersebut. Dengan mengikuti Pelatihan ini diharapkan nantinya para peserta dapat meningkatkan kemampuan auditor dalam memberikan rekomendasi audit yang konstruktif dan memberikan nilai tambah bagi Satuan Kerja, yang pada akhirnya mendorong pencapaian tujuan secara OJK wide.